fotografer pilihan editor(12988) dari IP 203.128.81.26" /> Fotografer.net - Galeri: Torn Virginity

 Torn Virginity  


Hak cipta karya foto ada pada fotografer dan dilindungi oleh undang-undang.

Info

 Luqman Hakim (14146)

Dan... ketika kesuciannya kurenggut, hilang sudah impiannya membangun sebuah keluarga bersama orang yang ia cintai. Aku tertawa di antara derai tangisnya. Antara sadar dan tidaknya, antara keraguan aku akan menginggalkannya, mahkota yang ia berikan hanya jadi tempat singgah pengembaraanku saja. Bosanku datang, kutinggalkan ia dengan noda yang kutoreh dan tangis yang mengiringi ke-AKU-anku...
rn
rnBertahun berselang, kutemui ia dengan wajah kuyu dan pucat tengah menjajakan tubuh di lokalisasi sebuah kota yang kusinggahi. Sedihnya tak bisa disembunyikan, "SEMUA INI KARENA KAMU...!!!" Tangisnya pilu...

rn
rn. . .
rnRasa sesal di dasar hati diam tak mau pergi
rnHaruskah aku lari dari kenyataan ini
rnPernah ku coba 'tuk sembunyi
rnnamun senyummu tetap mengikuti
rn. . .

rnYang Terlupakan, Iwan Fals
rn
rnKETERANGAN CERITA, NYATA ADANYA! Didapat saat saya masih aktif di Yayasan Kali Code Yogyakarta, yayasan yang bergerak di bidang kemanusiaan pimpinan Alm. Romo Mangun di pertengahan tahun 90-an. Saat itu, saya bersama beberapa teman mengadakan kunjungan ke Lokalisasi Sanggrahan Yogyakarta untuk mengajak para PSK itu keluar dari 'profesi' mereka dan memberi 'bekal' edukasi ketrampilan apapun yang mereka mau untuk modal keluar dari tempat itu. Saya dan teman-teman ikut membantu mengajarkan ketrampilan apapun yang kita kuasai. Saya mengajarkan sablon dan menggambar. Ada teman yang mengajar menjahit, merias, merangkai bunga dan bentuk-bentuk ketrampilan lainnya.
rn
rnAda seorang PSK yang saya dekati, awalnya menyangka saya orang yang ingin jadi "konsumen"-nya. Lambat-laun lewat human approach, PSK itu malah cerita banyak tentang terdamparnya ia di tempat itu. Bercerita dalam nada tanpa harapan, ada emosi yang agak menggelegak dan sepertinya sudah pasrah oleh nasib...
rn
rn"Saya ini udah nggak perawan dari SMP Mas! 'Begituan' sama pacar saya yang bajingan itu! Saya hamil, malah ditinggalin! Orang tua tau, saya diusir. Kandungan saya gugurkan. Trus nyasar ke sini. Lha wong ijazah cuma SD, SMP nggak tamat! Mau kerja apa saya? Biar lah Mas, yang penting bisa hidup dan nggak nyusahin orang lain. Dosa biarlah, saya udah nggak ngerti sama yang namanya dosa..."
rn
rnSurvival... ah, semoga Tuhan bisa melihat segala bentuk perjuangan di bumi ini.
rnSeorang PSK pun berhak dicintai Tuhannya..!!!
rn
rnNOTE:
rnIde didapat saat ngobrol sama temen lama waktu masih di Jokja. Ngobrolin kerinduan saat jaman-jamannya jadi aktivis dulu. Selesai ngobrol, kepikiran bikin foto Semiotical Symbolic Photograph ini. Langsung saya bikin dan saya upload. Idenya memang dari obrolan itu. Kalo foto ini termasuk unsur KT, vulgar, menjijikkan atau apa, bilang saja nanti saya ganti ke KT. Dibuatnya tidak menjijikkan kok. Telunjuk kiri saya mencoblos kertas putih, saya lumuri cat tekstil warna merah darah, dan naroh bunga layu di area cat. Tangan kanan motret tanpa tripod. pakai 3 lampu TL, di kanan, kiri dan atas dengan memisahkan jaraknya...
rn________________________________________rnr n rn rn rn rn rn rn rn rn rn rn rn rn rn rn rn rn rn rnrnrn
rn
rnTANPA OLDIG YA! Natural dan apa adanya. Saya lagi nyoba-nyoba bikin foto dengan alternatif konsep yang lain dari biasanya, Semiotical Symbolic Photograph, menggunakan tanda dan simbol buat menceritakan sepenggal cerita-cerita tentang kehidupan. Keluar dari kotak berpikir umum dan biasa bahwa, foto itu bukan cuma sekedar memindahkan objek ke dalam sebuah frame. Ya, namanya juga usaha, belom tentu bisa diterima secara umum. Semoga berkenan ya...

dihapus oleh Luqman Hakim lagi liat-liat poto....fotografer pilihan editor(12988) dari IP 203.128.81.26

  • Nilai foto: 889
  • Dilihat: 2348
  • Waktu upload: Sabtu, 28 Jul 2007
  • Lokasi: Di ruangan kerja kantor saya, DKI Jakarta, Indonesia
Shooting Data
  • Aperture: f/5.6
  • Speed: 1/10
  • ISO: 0
  • Kamera: Canon EOS 300D *
  • Lensa: Canon EF-S 18-55mm F/3.5-5.6 *
  • Filter: UV
  • * Masih menggunakan daftar alat lama yang mungkin tidak akurat.
Kritik dan Komentar
 Fadilah Zaenal (92885)

13 tahun yang lalu

upaya yg tidak biasa...menjadikannya gambaran yg tidak biasa: pengembaraannya menggelora bak ombak para segara....salut kang ...

 Bhakti Nusantara, Andreas (34781)

13 tahun yang lalu

Penuangan imajinasi tingkat tinggi nih mas Luqman, salut sekali aku, mbok saya ditulari to ilmunya, he....he....he.... sekali lagi salute dan congrats buat FPEnya, salam!

 Eva Tobing, IPEY (76002)

13 tahun yang lalu

dear luqman. serie foto darah ini dalem sekali, bukan hanya ceritanya tapi konsep fotonya jg. inilah karya seorang luqman yg sebenarnya.... salut gue mateng sekali konsep lo, walaupun rada gila. nyaris keluar bola mata gue demi melihat karya lo ini. gw yakin admin yg memilih foto ini jd FPE pun mengalami hal yg sama, bola mata hampir keluar :D keren mennnnnnnn

 Edy Subagio, yoyok (47572)

13 tahun yang lalu

keren yang dalam......hidup adalah perjuangan dan perhatian, anda cukup jeli memperhatikan lingkungan yang disekitar anda tuk anda olahan serta inovasi kedalam suatu karya yang brilian dan tanpa kemunafikan aku tulis bahwa anda memang cerdas, bahwasanya keakuhanku bersumpah "bahwa ini memang bagus" sukses sealu tuk anda.......................aplaus n salam

 Imam Subhan (213153)

13 tahun yang lalu

Konsepnya top banget...menyentuh ulasannya...potret miris kehidupan...salute! selamat FPE

 Felix Heru Hermawan (70948)

13 tahun yang lalu

idenya brilian..kreatif

Roy Febrianto (1977)

13 tahun yang lalu

konsep dan eksekusinya mantap....

 Ricky Wijaya (26343)

13 tahun yang lalu

bisa bisa aja pakkkkkkkkkkkkkkkkk.........keren nehhhhhhhhhhhhhhh........jahil oit....tangan siapa tuh item bangetttttt....

 James E Pelealu (74261)

13 tahun yang lalu

seritanya bikin pikiran melayang ke beberapa tahun silam ... adakah saya juga mengambil bagian di bagian2 kehidupan seperti itu ?? .... sebuah foto yg sangat menarik ... layak u/ mejeng diruang tamu FN. congrats for FPE ... salute!!

 Fu Yung (158609)

13 tahun yang lalu

selamat atas FPEnya ya bro ... suka liat ide & konsepnya yang menarik .... ada ada aja ente nich .. salam ILM

 Praditya Rizky Perdana, didit (8135)

13 tahun yang lalu

keren om luqman...saya terharu baca ceritanya...tuhan pasti sayang kepada semua umatnya...

Fakhril Muttaqin (181)

13 tahun yang lalu

keren mas!!! saluuuut..

 Hamri Wabula (20990)

13 tahun yang lalu

idenya top abiiiiis....mantap. salam

 Happy Murakami (75768)

13 tahun yang lalu

MASSSSSSSSSSSSSSSSS.....JUJUR neh..skill motret mu makin AMPUHHHHHHHHHHHHHHH.....ak kalah jauh deh... konsep kaya gini ak paling ga bisa.. duhhh jagooooooooo... MOHON PETUNJUK yah boss..^o^v

 Nur Adie Saputra (40324)

13 tahun yang lalu

terharu ... ga sanggup berkata .... Salam

 Ricky Chandra Widjaja (32076)

13 tahun yang lalu

dengan adanya cerita .... saya jadi mengerti dan bisa merasakan maksud foto ini...... salut atas idenya om....... salam ....:)

 Iing setiawati (6110)

13 tahun yang lalu

kerennnnn sekaliiiiiiiiii...sipppp bangett nih..idenya kerennn abisss...jepretannya juga asikkkkkkk...salut!!...;)

 Heru Yanriko (32160)

13 tahun yang lalu

ini jari nakal banget deh......hihihihihihi

 Ir Moch Yusuf (58415)

13 tahun yang lalu

ma ga usah2 akeh2 yo komentarku...siji wae.... HEBAT...!!! tanduk ding... salut....

 Khoirul Amal Taufiqul Hakim (22854)

13 tahun yang lalu

idenya asik Kang... gambaran hidup yang keras... Salam

 Rendy Iswanto (6990)

13 tahun yang lalu

bener2 luar biasa konsepnya, salut!, dan yg bener2 bikin salut ini semua tanpa oldig yah? ckckckck salut bener deh, salam!

 Bambang Wijanarko, Koko (53338)

13 tahun yang lalu

apa yang terjadi, harus dilalui...kadang tak terpikirkan oleh kita yang sok suci..bahwa mereka2 yang kita anggap gak suci ternyata malah hidup bahagia...dan dicintai Tuhannya..

 Ery H. A. Radixa (13014)

13 tahun yang lalu

luar biasa konsepnya... matang.. salam...

 Adnan Sukendar (15084)

13 tahun yang lalu

Nice idea...nice work

 Dandi Bachtiar (12497)

13 tahun yang lalu

simbolisasi yang indah dan menyentuh .... baca keterangannya jadi ikut hanyut deh .. dan bersenandung kecil bernostalgia dg lagunya iwan fals ...