fotografer pilihan editor(12988) dari IP 203.128.81.26" /> Fotografer.net - Galeri: Torn Virginity

 Torn Virginity  


Hak cipta karya foto ada pada fotografer dan dilindungi oleh undang-undang.

Info

 Luqman Hakim (14146)

Dan... ketika kesuciannya kurenggut, hilang sudah impiannya membangun sebuah keluarga bersama orang yang ia cintai. Aku tertawa di antara derai tangisnya. Antara sadar dan tidaknya, antara keraguan aku akan menginggalkannya, mahkota yang ia berikan hanya jadi tempat singgah pengembaraanku saja. Bosanku datang, kutinggalkan ia dengan noda yang kutoreh dan tangis yang mengiringi ke-AKU-anku...
rn
rnBertahun berselang, kutemui ia dengan wajah kuyu dan pucat tengah menjajakan tubuh di lokalisasi sebuah kota yang kusinggahi. Sedihnya tak bisa disembunyikan, "SEMUA INI KARENA KAMU...!!!" Tangisnya pilu...

rn
rn. . .
rnRasa sesal di dasar hati diam tak mau pergi
rnHaruskah aku lari dari kenyataan ini
rnPernah ku coba 'tuk sembunyi
rnnamun senyummu tetap mengikuti
rn. . .

rnYang Terlupakan, Iwan Fals
rn
rnKETERANGAN CERITA, NYATA ADANYA! Didapat saat saya masih aktif di Yayasan Kali Code Yogyakarta, yayasan yang bergerak di bidang kemanusiaan pimpinan Alm. Romo Mangun di pertengahan tahun 90-an. Saat itu, saya bersama beberapa teman mengadakan kunjungan ke Lokalisasi Sanggrahan Yogyakarta untuk mengajak para PSK itu keluar dari 'profesi' mereka dan memberi 'bekal' edukasi ketrampilan apapun yang mereka mau untuk modal keluar dari tempat itu. Saya dan teman-teman ikut membantu mengajarkan ketrampilan apapun yang kita kuasai. Saya mengajarkan sablon dan menggambar. Ada teman yang mengajar menjahit, merias, merangkai bunga dan bentuk-bentuk ketrampilan lainnya.
rn
rnAda seorang PSK yang saya dekati, awalnya menyangka saya orang yang ingin jadi "konsumen"-nya. Lambat-laun lewat human approach, PSK itu malah cerita banyak tentang terdamparnya ia di tempat itu. Bercerita dalam nada tanpa harapan, ada emosi yang agak menggelegak dan sepertinya sudah pasrah oleh nasib...
rn
rn"Saya ini udah nggak perawan dari SMP Mas! 'Begituan' sama pacar saya yang bajingan itu! Saya hamil, malah ditinggalin! Orang tua tau, saya diusir. Kandungan saya gugurkan. Trus nyasar ke sini. Lha wong ijazah cuma SD, SMP nggak tamat! Mau kerja apa saya? Biar lah Mas, yang penting bisa hidup dan nggak nyusahin orang lain. Dosa biarlah, saya udah nggak ngerti sama yang namanya dosa..."
rn
rnSurvival... ah, semoga Tuhan bisa melihat segala bentuk perjuangan di bumi ini.
rnSeorang PSK pun berhak dicintai Tuhannya..!!!
rn
rnNOTE:
rnIde didapat saat ngobrol sama temen lama waktu masih di Jokja. Ngobrolin kerinduan saat jaman-jamannya jadi aktivis dulu. Selesai ngobrol, kepikiran bikin foto Semiotical Symbolic Photograph ini. Langsung saya bikin dan saya upload. Idenya memang dari obrolan itu. Kalo foto ini termasuk unsur KT, vulgar, menjijikkan atau apa, bilang saja nanti saya ganti ke KT. Dibuatnya tidak menjijikkan kok. Telunjuk kiri saya mencoblos kertas putih, saya lumuri cat tekstil warna merah darah, dan naroh bunga layu di area cat. Tangan kanan motret tanpa tripod. pakai 3 lampu TL, di kanan, kiri dan atas dengan memisahkan jaraknya...
rn________________________________________rnr n rn rn rn rn rn rn rn rn rn rn rn rn rn rn rn rn rn rnrnrn
rn
rnTANPA OLDIG YA! Natural dan apa adanya. Saya lagi nyoba-nyoba bikin foto dengan alternatif konsep yang lain dari biasanya, Semiotical Symbolic Photograph, menggunakan tanda dan simbol buat menceritakan sepenggal cerita-cerita tentang kehidupan. Keluar dari kotak berpikir umum dan biasa bahwa, foto itu bukan cuma sekedar memindahkan objek ke dalam sebuah frame. Ya, namanya juga usaha, belom tentu bisa diterima secara umum. Semoga berkenan ya...

dihapus oleh Luqman Hakim lagi liat-liat poto....fotografer pilihan editor(12988) dari IP 203.128.81.26

  • Nilai foto: 889
  • Dilihat: 2348
  • Waktu upload: Sabtu, 28 Jul 2007
  • Lokasi: Di ruangan kerja kantor saya, DKI Jakarta, Indonesia
Shooting Data
  • Aperture: f/5.6
  • Speed: 1/10
  • ISO: 0
  • Kamera: Canon EOS 300D *
  • Lensa: Canon EF-S 18-55mm F/3.5-5.6 *
  • Filter: UV
  • * Masih menggunakan daftar alat lama yang mungkin tidak akurat.
Kritik dan Komentar
Hendi Winartha (1745)

13 tahun yang lalu

top markotop konsepnya mas... idenya bener2 cemerlang.. salam..

Aries Sanjaya Franoto (1506)

13 tahun yang lalu

Life is a just a short "long journey", what make it hard is just all the rough way that we must walk on it, but everything have an end, and when it,s all be ended the "true" will come to us:)

Wira Andrian (274)

13 tahun yang lalu

konsepnya ekslusif...salut.

Adi Santoso (3945)

13 tahun yang lalu

keren nih....

 Rismiyanto (24575)

13 tahun yang lalu

salut untuk ide dan konsepnya..salam

Teguh Santoso (12)

13 tahun yang lalu

oce dehhh

 Jamal Rahman (52808)

13 tahun yang lalu

BERHASIL Bang...!!!!!!! wah.. wah... sebuah karya yang kuat dengan melalui kontemplasi terhadap sebuah masalah.... saya setuju, bahwa fotografi bukan sekedar membekukan objek saat melepaskan rana kamera.... tetapi jauh dari itu, foto juga bisa menjadi media menumpahkan gagasan dan hasil renungan yg mendalam..... dan sekali lagi menurut saya Bang Luqman melalui foto ini berhasil menuangkan gagasannya...... salute.... salam jepret dari Manado....

 Shando Safela (14775)

13 tahun yang lalu

Emang top fotografer favorit saya nih., salam hangat selalu..

 Adithya Zen (57015)

13 tahun yang lalu

ASIK,,,konsep sama eksekusinya JUARA!!!! ...-salam ceria dari BDG-

 Yudha ardias sandy (13686)

13 tahun yang lalu

konsepnya ngeri, hehe, bagus keteranganya salut, salam

 Luhur Poerbowo (23103)

13 tahun yang lalu

good idea boss...........salam!

 Indra Gunawan (3983)

13 tahun yang lalu

bagus fotonya ... tajem ... nice idea ... nice job

 Januar D (62912)

13 tahun yang lalu

Konsepnya bikin gw bengong lama.......... salut my friend!

 Abdullah Sajad (18102)

13 tahun yang lalu

gile konsepe edan. podo gendenge. kok gorong waras yo. mantap nih. idenya kuat. simbolisasinya dahsyat.

Surja Dharma (3557)

13 tahun yang lalu

konsep yang dalam dan eksekusi yang sempurna. Salut.....

Gde Oka Budiana (274)

13 tahun yang lalu

Bagus banget konsepnya mass... saya salut banget, wahai para lelaki bertanggung jawab lah apa bila berberbuat sesuatu jangan pernah menyakitin sesama. kita sama sama hidup dan butuh pertolongan.....

 Hanafi, nafee (7257)

13 tahun yang lalu

Stand aplous dari saya oM!!kerenn bgt ide dan konsep nya,sampe2 saya baca cerita nya sambil dngrin lagu iwan fals!terharu saya...dapet oM emosi nya,hebat!dari sebuah cerita dan di bikin visual nya!!SALUT BERATT NIH ...salam napi..

 Tommy A. Siahaan (65987)

13 tahun yang lalu

kerenn man!! object isolated perfectly.. keterangannya selalu informatif n enak di baca.. deep..but it's reality..good work mas luqman! Selamat yah FPE..;) Salam TSP.

 I Made Putranjaya, anjaque (19383)

13 tahun yang lalu

dalem....

 D. Chen (45239)

13 tahun yang lalu

seronok euy

Hasan Mabe (1874)

13 tahun yang lalu

nice pose...nice story...nice idea....good luck & very nice....hanya pujian yang pantas untuk karya yang satu ini..salam kenal

 Antonius Van Den Brink (20045)

13 tahun yang lalu

konsep dan pesannya dapat! jadi pingin banget bisa njepret tanpa oldig kayak Pak Lukman (rasanya lebih berkelas gitu)

 Toni Kusnandar (40820)

13 tahun yang lalu

Hu..hu..hu.... dalem banget cerita dibalik fotonya, konsepnya luar biasa... SALAM !!!

 Henrycus Edi Wibowo (169627)

13 tahun yang lalu

ide, eksekusi dan penyajiannya apik, tema yg tak mati di makan zaman, salut

Wibisono Notodirdjo (2851)

13 tahun yang lalu

Konsepnya mantap sekali... very meaningful... thx 4 sharing dis symbolic pic!!