fotografer pilihan editor(12988) dari IP 203.128.81.26" /> Fotografer.net - Galeri: Torn Virginity

 Torn Virginity  


Hak cipta karya foto ada pada fotografer dan dilindungi oleh undang-undang.

Info

 Luqman Hakim (14146)

Dan... ketika kesuciannya kurenggut, hilang sudah impiannya membangun sebuah keluarga bersama orang yang ia cintai. Aku tertawa di antara derai tangisnya. Antara sadar dan tidaknya, antara keraguan aku akan menginggalkannya, mahkota yang ia berikan hanya jadi tempat singgah pengembaraanku saja. Bosanku datang, kutinggalkan ia dengan noda yang kutoreh dan tangis yang mengiringi ke-AKU-anku...
rn
rnBertahun berselang, kutemui ia dengan wajah kuyu dan pucat tengah menjajakan tubuh di lokalisasi sebuah kota yang kusinggahi. Sedihnya tak bisa disembunyikan, "SEMUA INI KARENA KAMU...!!!" Tangisnya pilu...

rn
rn. . .
rnRasa sesal di dasar hati diam tak mau pergi
rnHaruskah aku lari dari kenyataan ini
rnPernah ku coba 'tuk sembunyi
rnnamun senyummu tetap mengikuti
rn. . .

rnYang Terlupakan, Iwan Fals
rn
rnKETERANGAN CERITA, NYATA ADANYA! Didapat saat saya masih aktif di Yayasan Kali Code Yogyakarta, yayasan yang bergerak di bidang kemanusiaan pimpinan Alm. Romo Mangun di pertengahan tahun 90-an. Saat itu, saya bersama beberapa teman mengadakan kunjungan ke Lokalisasi Sanggrahan Yogyakarta untuk mengajak para PSK itu keluar dari 'profesi' mereka dan memberi 'bekal' edukasi ketrampilan apapun yang mereka mau untuk modal keluar dari tempat itu. Saya dan teman-teman ikut membantu mengajarkan ketrampilan apapun yang kita kuasai. Saya mengajarkan sablon dan menggambar. Ada teman yang mengajar menjahit, merias, merangkai bunga dan bentuk-bentuk ketrampilan lainnya.
rn
rnAda seorang PSK yang saya dekati, awalnya menyangka saya orang yang ingin jadi "konsumen"-nya. Lambat-laun lewat human approach, PSK itu malah cerita banyak tentang terdamparnya ia di tempat itu. Bercerita dalam nada tanpa harapan, ada emosi yang agak menggelegak dan sepertinya sudah pasrah oleh nasib...
rn
rn"Saya ini udah nggak perawan dari SMP Mas! 'Begituan' sama pacar saya yang bajingan itu! Saya hamil, malah ditinggalin! Orang tua tau, saya diusir. Kandungan saya gugurkan. Trus nyasar ke sini. Lha wong ijazah cuma SD, SMP nggak tamat! Mau kerja apa saya? Biar lah Mas, yang penting bisa hidup dan nggak nyusahin orang lain. Dosa biarlah, saya udah nggak ngerti sama yang namanya dosa..."
rn
rnSurvival... ah, semoga Tuhan bisa melihat segala bentuk perjuangan di bumi ini.
rnSeorang PSK pun berhak dicintai Tuhannya..!!!
rn
rnNOTE:
rnIde didapat saat ngobrol sama temen lama waktu masih di Jokja. Ngobrolin kerinduan saat jaman-jamannya jadi aktivis dulu. Selesai ngobrol, kepikiran bikin foto Semiotical Symbolic Photograph ini. Langsung saya bikin dan saya upload. Idenya memang dari obrolan itu. Kalo foto ini termasuk unsur KT, vulgar, menjijikkan atau apa, bilang saja nanti saya ganti ke KT. Dibuatnya tidak menjijikkan kok. Telunjuk kiri saya mencoblos kertas putih, saya lumuri cat tekstil warna merah darah, dan naroh bunga layu di area cat. Tangan kanan motret tanpa tripod. pakai 3 lampu TL, di kanan, kiri dan atas dengan memisahkan jaraknya...
rn________________________________________rnr n rn rn rn rn rn rn rn rn rn rn rn rn rn rn rn rn rn rnrnrn
rn
rnTANPA OLDIG YA! Natural dan apa adanya. Saya lagi nyoba-nyoba bikin foto dengan alternatif konsep yang lain dari biasanya, Semiotical Symbolic Photograph, menggunakan tanda dan simbol buat menceritakan sepenggal cerita-cerita tentang kehidupan. Keluar dari kotak berpikir umum dan biasa bahwa, foto itu bukan cuma sekedar memindahkan objek ke dalam sebuah frame. Ya, namanya juga usaha, belom tentu bisa diterima secara umum. Semoga berkenan ya...

dihapus oleh Luqman Hakim lagi liat-liat poto....fotografer pilihan editor(12988) dari IP 203.128.81.26

  • Nilai foto: 889
  • Dilihat: 2348
  • Waktu upload: Sabtu, 28 Jul 2007
  • Lokasi: Di ruangan kerja kantor saya, DKI Jakarta, Indonesia
Shooting Data
  • Aperture: f/5.6
  • Speed: 1/10
  • ISO: 0
  • Kamera: Canon EOS 300D *
  • Lensa: Canon EF-S 18-55mm F/3.5-5.6 *
  • Filter: UV
  • * Masih menggunakan daftar alat lama yang mungkin tidak akurat.
Kritik dan Komentar
Nurdin Sq (150)

12 tahun yang lalu

mantap bener ... kapan gue bisa kayak gitu..... keep kreative mas .... walaupun gue designer gue kaga bisa ampe kayak gitu ide nya .....

 Soni Santana (7060)

12 tahun yang lalu

konsep yang keren, bercerita dan semakin bercerita ketika dibumbui dengan penggalan narasi yang luar biasa..... Salut !!!

Faisal Fansuri (467)

12 tahun yang lalu

pertama liat, kirain potongan jari, bikin serem, tp pas dicermatin fotonya benar2 uni... om lukman mau ya ajari aku foto...he3x

Dadag Gurinda (2350)

12 tahun yang lalu

foto yang terkonsep jelas, dengan keterangan yang humanis.... uapiikkk tenannnnn

Jemmy Kurniawan (2448)

12 tahun yang lalu

ide dan konsep nya numero uno ... salam

 Yanry Pangouw (8469)

12 tahun yang lalu

konsepnya ok :)

 Hendri Setiawan (89420)

12 tahun yang lalu

ini bener-2 ide yang gila... mateng banget olahan dan eksekusinya... salam

Rinalvi (1986)

13 tahun yang lalu

very ...very expresif ...Good Concept ...

Muhammad Idris (27)

13 tahun yang lalu

good concept...brilliant!

Irwan Bahar (253)

13 tahun yang lalu

Konsep foto yang tepat dengan tema, kreatifitas tinggi .... sukses

 Henri Firdaus, HIGH (23111)

13 tahun yang lalu

diatas langit masih ada langit...foto Om Luqman memberikan motivasi agar saya bisa lebih baik lagi... thx alot

 Muhammad Golam Havizd (11515)

13 tahun yang lalu

wah kelewatan aku ngasih nilai............................huubbbbbeeaaaaaaa attttttttttttttttt tenannnnnnnnnnnnn idenya.....................................Ampun ah............salam

 Lambok Sinaga (53793)

13 tahun yang lalu

what da Great idea......udah deh ahh..ampooon om...

William Roderick (1635)

13 tahun yang lalu

keren abis konspenya bos.... salut2.

Jethro Aspati (3893)

13 tahun yang lalu

Bung Luqman pa kabar? Long Time no see...begitu ketemu aku disodorkan dengan karya yang magnificant...begitu baca narasinya saya jadi ikut terharu...Luar biasa...tekniknya dasyat...salut...salam ^_^

 Bhanu Suryo Bhaskoro (5912)

13 tahun yang lalu

salute sama konsep & keterangannya

 Luqman Eko Atmojo (28655)

13 tahun yang lalu

busyeeet... ide dan olahan yg kreatif bgt... narasinya juga perlu diberi 3TU... pantes deh kalo dapet FPE... salam :)

 Andrew Putra Zaluchu (5280)

13 tahun yang lalu

Muantab skali ide dan konsepnya.. imho kurang jelas bunganya, mungkin harus diberi jarak..

 Wisnu Wardhana P. (41275)

13 tahun yang lalu

gile manteph oom... momennya pas n kompo with great tone....IMHO... salam GBU

 Heca Manan (16103)

13 tahun yang lalu

Ide dan konsep yang luar biasa...... sangat bercerita tentang moral manusia yang kian tak beradab....,,, saluttttt....... tfs

 Januar W (17531)

13 tahun yang lalu

wuah kompleks banget kalo dibahas soal loosing virginity ...

 Wella Godin A. (5990)

13 tahun yang lalu

simbolnya manteb deh...tersentuh bgt baca keterangannya... memng siy, sapa jg yg mau milih hdp jd PSK, pasti stiap org punya impian yg indah, tp kl kenyataanya beda mw gmn lg...salut deh bwt idenya.

 Danny Rusly (32298)

13 tahun yang lalu

konsep yg mantep tentang sebuah perjalanan hidup, tidak ada manusia yg tidak bercela dimuka bumi ini, terlahir dengan dosa, hidup pun berlumur dosa...keserakahan, kenistaan, kedurjanan, kesombongan dan keakuan..dan masih 1000 macam lagi sisi negatif manusia...tetapi bagi orang2 mengerti kepada nya dikaruniakan seribu macam juga menjadi rendah hati dan taat kepada Sang Pencipta Nya...karya yg menarik mas Luqman, salut...salam

Bernard Andiwidjaja (1033)

13 tahun yang lalu

Dari fotonya aja dah asik... apalagi baca konsepnya...... original bangetttt.... BRAVOOOO..... keep up!!!!!!!

 Heri Setya Budi, SBD (6185)

13 tahun yang lalu

sangat-2 cerdas dan kreatif simboliknya.... sip...