SORODOT GAPLOK 


Hak cipta karya foto ada pada fotografer dan dilindungi oleh undang-undang.

Info

KEKAYAAN ragam permainan anak jaman dahulu sangat memancing jiwa sportif, membangkitkan gairah, sekaligus berolah raga. Salah satu permainan yang cukup dikenal di Jawa Barat adalah SORODOT GAPLOK.
n
nPermainan ini menggunakan batu sebagai alat permainan. Jumlah pemain adalah genap, jadi minimal ada dua orang untuk bermain secara bergantian. Bisa juga menyertakan lebih banyak pemain, namun terbagi dalam dua tim.
n
nCara bermain, disepakati satu garis untuk memasang batu secara berdiri. Lantas ada satu garis pada jarak tertentu untuk pemain lawan melemparkan batu Biasanya berjarak 3 - 5 meter. Pemain yang memasang batu secara berdiri adalah pemain/tim yang berjaga. Sedangkan pemain/tim yang melempar batu adalah yang bermain.
n
nTim pemain akan berdiri berjajar di garis lempar untuk melemparkan batu miliknya untuk menjatuhkan batu lawan. Ada yang dalam satu lemparan bisa langsung menjatuhkan batu lawan, ada juga yang lemparannya terlalu dekat atau terlalu jauh, sehingga harus melempar dari posisi jatuh batunya.
n
nJika jaraknya dekat, lemparan dilakukan secara ngolong, yaitu posisi setengah berjongkok dan batu dilemparkan lewat kolong kaki. Jika jaraknya cukup jauh, batu dikolongkan namun ke arah atas, lalu ditangkap, kemudian dilemparkan seperti biasa.
n
nJika semua batu lawan sudah jatuh, dilanjutkan dengan tahap kedua, yaitu menjatuhkan batu lawan dengan menggunakan kaki. Batu diletakkan di atas kaki, lalu melangkah seraya berusaha membenturkan batu ke batu lawan. Biasanya pada jarak tertentu, langkah terhenti, sehingga batu meluncur datar. Inilah yang disebut sorodot (meluncur) dan batu yang saling menubruk batu seolah sedang saling menampar (gaplok).
n(sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/node/144295)

Shooting Data
  • Aperture: n/a
  • Speed: n/a
  • ISO: 0
  • Kamera: Canon canon EOS 350D *
  • Lensa: Canon EF-S 18-55mm F/3.5-5.6 IS *
  • Filter: UV
  • * Masih menggunakan daftar alat lama yang mungkin tidak akurat.
Kritik dan Komentar
 Agustinus Adi Budojo (201325)

12 tahun yang lalu

nice dok,....suatu saat akan menghilang,........salam

 Dedi Supriadi (7413)

12 tahun yang lalu

Nice HI, candid yg menarik ......

 Taufik Agustian (36179)

12 tahun yang lalu

Waduhhh sorodot gaplook maenan sayah waktu dulu pas di bdg...memorable moment gan...mantafff

Rio Suparlan (1214)

12 tahun yang lalu

nice pic jadi mengenag masa lalu..salam