Pak Amat dan Bu Novi 


Hak cipta karya foto ada pada fotografer dan dilindungi oleh undang-undang.

Info

Waktu kami mengunjungi para pemulung bantaran kali di Kampung Melayu yang menjadi korban banjir 2 Februari lalu, kami bertemu dengan Pak Amat dan Bu Novi. Mereka adalah sepasang suami istri penyayang binatang, khususnya anjing dan kucing.
rn
rnMereka memungut anjing peliharaan yang tidak diinginkan lagi oleh majikannya, dan memeliharanya dengan telaten. Diberi makan, dimandikan tiga hari sekali, bahkan rutin diberi susu. Sebab itu anjing dan kucing yang mereka pelihara kondisinya sehat, bulunya bagus, sama sekali tidak kena penyakit kulit.
rn
rnSebenarnya ini bukan asli foto karya saya sendiri. Istri saya yang tidak begitu suka dengan anjing dan kucing berdiri agak jauh, sementara saya dan beberapa teman duduk ngobrol dengan Pak Amat dan Bu Novi. Istri saya yang mengambil gambar ini.
rn
rnTadinya saya tidak terlalu terkesan dengan foto ini. Menurut saya, foto ini kurang tajam, angle-nya kurang baik, dan komposisipun tidak pas. Tapi setelah saya perhatikan lagi, saya tertarik dengan ekspresi Pak Amat dan Bu Novi.
rn
rnWalaupun mereka dalam kondisi mengungsi di kolong jembatan, tanpa air bersih, tanpa tempat yang layak untuk tidur (lapaknya kotor), tapi wajah mereka tetap memancarkan kedamaian dan kasih sayang pada hewan yang mereka pelihara. Tidak ada kesan kesusahan ataupun kesedihan.
rn
rnKetika kami kunjungi, mereka tidak mengeluhkan kondisi mereka yang kehilangan tempat tinggal. Yang jadi masalah justru ketiadaan air bersih yang menyebabkan mereka tidak dapat memandikan anjing dan kucing peliharaan mereka.
rn
rnIni hasil fotonya setelah saya olah sedikit. Saya buat jadi BW supaya ekspresi wajah lebih dominan. Ruang kosong di sebelah kiri saya crop, supaya terjadi komposisi diagonal antara Pak Amat dan Bu Novi, dan meminimalkan kelebihan ruang. Semoga berkenan. Terima kasih bagi yang sudah mampir.
rn
rn
rnDate Time Original: 2007:02:11 16:04:53

  • Nilai foto: 20
  • Dilihat: 281
  • Waktu upload: Senin, 12 Feb 2007
  • Lokasi: Kampung Melayu,, DKI Jakarta, Indonesia
Kategori
ManusiaPerkotaan
Shooting Data
  • Aperture: f/2.6
  • Speed: 1/60
  • ISO: 0
  • Kamera: Canon Powershot A540 *
  • Lensa: Canon *
  • Filter: TIdak Ada
  • * Masih menggunakan daftar alat lama yang mungkin tidak akurat.
Kritik dan Komentar
 Darwin Wijaya (7833)

17 tahun yang lalu

foto jurnalistik dgn poi yg terekam baik..salam jepret.

 Andri Irawan, Billitone (72159)

17 tahun yang lalu

cerita dan BW yg boleh.

 Thaib Chaidar, Pace (77009)

17 tahun yang lalu

BW nya boleh jg....maju terus N keep upload...salam jepret!

 I Wayan Primartyawan S (34292)

17 tahun yang lalu

humanis sekali walau dari segi foto biasa.....salam kenal bung saya juga penyayang anjing