Air Panas - Rinjani 


Hak cipta karya foto ada pada fotografer dan dilindungi oleh undang-undang.

Info

Bagus H (1646)

Sumber air panas di kawasan Taman Nasional Rinjani. Lokasinya hanya 5 menit dari danau kawah Segara Anak. Tempat ini konon sangat mistis. Terdiri dari 3 kolam yang berundak. Kolam pertama sangat panas, kolam ketiga yang biasanya digunakan sebagai tempat mandi para turis. Di sini, para penganut keyakinan lama menguji kesaktian keris dan benda bertuah miliknya. Bila saat dicuci logamnya lengket, berarti tuahnya sedikit, bila tidak berarti benda tersebut sangatlah sakti. Bagi yang yakin, air panas ini juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Banyak diantaranya membawa minyak kelapa untuk direndam di dalam kolam. Dulu, mereka yang datang ke sini harus berpakaian serba putih. Yang berhati suci tak akan merasa kepanasan. Sayang sekali tempat ini sangat kotor oleh ulah turis domestik. Mereka buang air besar di sembarang tempat dan membuang celana dalam dan pakaian bekas dimana2 sebagai pertanda membuang sial. Toilet yang sudah disediakan petugas juga dirusak. Sedih juga melihatnya.
rnNamun bagi anda yang diberkahi untuk sampai di Segara, jangan lewatkan kesempatan mandi di sini ! ;-)

Shooting Data
  • Aperture: A
  • Speed: A
  • ISO: 0
  • * Masih menggunakan daftar alat lama yang mungkin tidak akurat.
Kritik dan Komentar
 Bernard Juniardy,Beben (50050)

19 tahun yang lalu

Komposisi sdh seimbang, cahaya sdh pas, fokus tajam serta moment sdh baik.

 Endramawan Suroto (33170)

19 tahun yang lalu

Cakep Mas, menarik juga kedengarannya. Btw, objek pohon diatas agak mengganggu karena blur, mungkin di model panorama dengan semua objek jelas bisa lebih menarik, semoga berkenan

Nelson Sirait (994)

19 tahun yang lalu

Memang sih rada mistis kelihatannya... itu yang bagian kiri bawah apa mas?? celana dalam orang juga jgn2 hehehe any way nice shoot....salam.