Penampakan 1: Mahluk halus jembatan gantung 


Hak cipta karya foto ada pada fotografer dan dilindungi oleh undang-undang.

Info

Irman Fauzi (316)

Foto ini saya ambil tanggal 1 Mei 2004 jam 17.43 WIB. Fotonya berwarna gelap karena mendung sehabis hujan deras. Lokasi di vila Cilember daerah puncak. Posisi vila memang terpencil dan jauh dari keramaian, sekitar 4 kilometer dari jalan utama. Saya terkejut ketika pertama kali melihat foto ini dan saya yakin INI BUKAN gambar bulan, bintang, kunang-kunang, lampu rumah, atau butiran air/debu yang terkena lampu flash. Karena penasaran saya ambil 3 buah foto di lokasi yang sama tapi ketiganya tidak memperlihatkan fenomena seperti foto pertama. Dari sekitar 60an foto yang saya ambil di sekitar vila, ada 4 foto yang memperlihatkan keanehan ini. 2 foto di luar vila, dan 2 lagi di dalam rumah vila. Saya cek di internet, fenomena ini dikenal sebagai "white spirit orb". Coba cari di google dengan kata kunci tersebut. Besok saya upload lagi foto penampakan di ruangan dapur vila.

  • Nilai foto: 11
  • Dilihat: 367
  • Waktu upload: Senin, 03 Mei 2004
  • Lokasi: Vila Cilember - Puncak, Jawa Barat, Indonesia
Shooting Data
  • Aperture: f/3.2
  • Speed: 1/100
  • ISO: 0
  • * Masih menggunakan daftar alat lama yang mungkin tidak akurat.
Kritik dan Komentar
 Rudy Subagyo (8761)

20 tahun yang lalu

iya betul, Orb. Saya ada banyak foto ini, terutama di rumah rumah tua, tapi anehnya, hanya bisa ditangkap pakai digicam Fuji MX 1200 saja, pake Canon G3 ngga bisa.. Pak Jerry dan pak Irman, Orb bukan makhluk halus atau setan, tapi lebih merupakan spirit (dari yang saya baca di Internet) atau 'roh' yang berbentuk energi ...(pastinya saya sudah lupa) Mungkin bisa cari di forum, saya pernah buka forum soal Orb. BTW pak Irman, ini pake flash kan ?

Alfred Febian Gani (3147)

20 tahun yang lalu

selamat bergabung di dunia lain FN....

Jerry S Justianto (643)

20 tahun yang lalu

Karena anda ambilnya pas mau magrip dan dengan 1/100 f:/1/32 kemungkinan ini ada halo dari multipel lensa yang ad di camera anda. Cahaya sebenarnya adalah dari percikan cahaya matahari sebelum terbenam. Kenapa bisa gelap seperti ini hasil photonya seharusnya lebih terang warna langitnya. Plus saya sebenarnya orang yang tidak percaya sama sekali dengan penampakan setan ala TV. Jadinya mungkin komentar saya agak bias. Maaf.