eksperimen#1 


Hak cipta karya foto ada pada fotografer dan dilindungi oleh undang-undang.

Info

Pengalaman menakjubkan buat saya... Ini adalah kali pertama saya mencoba membuat karya "foto produk". Pencahayaannya hanya mengandalkan sinar matahari pk 06.00 wib karena memang peralatan masih sangat terbatas. Mohon kritik dan sarannya ya, teman2 .... tengkyu...

  • Nilai foto: 67
  • Dilihat: 293
  • Waktu upload: Rabu, 20 Aug 2003
  • Lokasi: Teras rumah,
Kategori
Makro
Shooting Data
  • Aperture: 3.5
  • Speed: 30
  • ISO: 0
  • Kamera: Nikon FM10 *
  • Filter: macro +4
  • * Masih menggunakan daftar alat lama yang mungkin tidak akurat.
Kritik dan Komentar
ferry djajaprana (205)

20 tahun yang lalu

Dari komposisi oke, hanya ketajaman fokus kurang tuch.. daunnya kurang dramatis mungkin kurang fresh aza.. coba dikasih sedikit embun bakal luar biasa...

 Triyudha Ichwan (33106)

20 tahun yang lalu

hmmm...segerrr.. warna POI kontras rasanya DOF pada POInya terlalu tipis ya.. cropp cakep IMHO

 F.X.Dwi Putranto,frans (8454)

20 tahun yang lalu

not bad at all for the first time...keep going

Shofian N K (16876)

20 tahun yang lalu

Segar dan bagus Mbak...

 Madia Krisnadi W. (9174)

20 tahun yang lalu

mbak els, nih komen aku yah. dof emang agak terlalu sempit. ato mungkin bisa gue bilang, pada tempat yang ngak tepat. gue pribadi suka pake dof sempit untuk foto makanan. tapiiii.... dof sempit juga didukung dengan framing yang sempit juga. jadi bagian item di atas dan putih di sekitar stroberi ini ngak terlalu banyak (dan trus mengganggu). pengaturan stroberi pun agak2 gradakan. stroberi yang di depan (sebelah kiri) kok ngebelakangin. jadinya, ijo2nya malah ngengganggu gambar. trus, anto pernah bilang, kalo motret makanan, mendingan pake backlight. dan kasi reflektor biar ngak terlalu flat. hmm.... bentar lagi mbak, kita maen2 kaya gini yah. masih nyari2 alat :P. sabar yah....ntar, elo pasti orang pertama yang tahu :).

 Adrian A. (8991)

20 tahun yang lalu

Cha, reflektornya dipake dong... BG-nya juga yang terang, putih kek, biar agak-agak hi-key lah. Setuju tentang DoF kecil. Jangan lupa pake tripod dan cable release. Asik nih fotonya... slurp, slurp...

 Andi Cakravastia (17256)

20 tahun yang lalu

bagus cha, setuju sama yg lain ttg dof terus kalo buat saya bg hitamnya bikin daunnya jadi kurang kontras. Mungkin keliatan lebih seger kalo bgnya putih, just imho.

iwan b adjie (2105)

20 tahun yang lalu

warna dah bagus, cuman dof nya itu loh... terlalu sempit :P

Lie Agus Chiawono (160)

20 tahun yang lalu

good try... Sama dengan yang lainnya, memang pemilihan DoF membuat buah tersebut kurang menjadi fokus... Saya perhatikan yang menjadi fokus adalah bagian kanan dari strawberry sebelah kiri. Akibat penambahan filter makro apalagi +4, seharusnya Dof diperlebar lagi agar setidaknya buahnya lebih tajam dan bukan hanya setengah dari satu dari 3 buah yang ada. Sebagai tambahan, di bagian hitam ada bintik cahaya yang tidak perlu ada karena mengganggu. Keep experimenting.

 Budiasih Wahyuntari (9414)

20 tahun yang lalu

nice picture. Sependapat dengan yll

 Agus Setiawan (12714)

20 tahun yang lalu

Daun dari stroberi yang kiri sangat mengganggu, entah itu karena DOF sempit ato apa ... Kapan2 coba main2 dg lampu senter :D

 I Gede Putu Prawita Mb (17285)

20 tahun yang lalu

Bagus mbak, warna nya udah bagus, cuma DOF nya memang terlalu sempit. Buah yang di belakang belum masuk DOF, daun yang didepan juga belum masuk DOF. Nice try mbak Elsa. :)

 Rochim Hadisantosa (104553)

20 tahun yang lalu

Warnanya menggoda, tapi dof terlalu sempit imo, akibat filter macro? ketiga buah yg ada hanya sedikit yg masuk ruang tajam. Simetris bentuk lengkung piring kurang menarik imo, bisa dibalik, piring seolah menghadap kemuka, es batu diletakkan di belakang.

 Fauzan Saftari (5542)

20 tahun yang lalu

dua jempol untuk kenekatan berubah memotret foto-foto "indah". Lain waktu coba dengan f/11 ke atas, maksudnya f/11. f/16. f22 dst. (sok tauk ya gue?). Biar dofnya lebar. Tapi, terpaksa pake flash off kamera mungkin. Atau speed rendah dengan meletakan kamera di tripod.

 Yusuf Paulus (31587)

20 tahun yang lalu

bagi2 donk..

 Gerry Soetanto (1352)

20 tahun yang lalu

creative solution for tricky problem. good start! saturasi warna keluar, dan pembagian bidang cukup baik. lain kali tambah cahaya, atau perlambat speed supaya bukaan diafragma bisa lebih kecil, dan depth of field (ruang tajam) bisa lebih panjang. dan oh iya, es- nya lebih baik es serut.

Martin Tjatur Uli Basa (2467)

20 tahun yang lalu

memang agak sulit kalo hanya mengandalkan satu sumber cahaya untuk foto produk spt ini, fotonya terkesan flat kurang dimensi. Sebaiknya buat dulu konsep yang akan ditampilkan lalu berikan pencahayaan utama yang cukup untuk mengeluarkan detil objectnya sesuai konsep awalnya. Begitu kira2 teori dari saya...prakteknya ya tetep aja trial and trial sampe dapet foto yang bagus.

 Agus Sunarto, Suga (12736)

20 tahun yang lalu

wooow...komentnya mas andri panjang... fotonya kurang tajam..

 Gunawan Wibisono (26231)

20 tahun yang lalu

warnanya udah oke bangert.... DOFnya aja terlalu sempit mungkin...

Andri Dian Prihutomo (1111)

20 tahun yang lalu

Not bad for 1st trial. Gini... saya setuju ama mas Adrian. Makanan ini bakalan lebih appetizing kalo pake DOF yg kecil, dan ditunjukin "kecil"ness DOF ini dengan perbandingan jarak dengan BGnya yg lebih besar. selain pake diafragma lebar, blur di daerah unfocussed bisa juga didapat pake lensa dgn focal length gede. Pemilihan angle menurut saya kok lebih baik rada rendah, hampir sejajar sama objek2 tsb, biar ntar keliatan blurnya di daerah unfocussed. Objek es dan mangkoknya udah cukup rapi, tapi kurang buat bagian strawberrynya. Untuk masalah kopmposisi, saya punya saran gini... jangan pake format simetris, Format 1/3 bidang (the rule of third) sepertinya bisa dipakai untuk membuat foto lebih "semarak". Mungkin lengkungan mangkok bisa ditampilkan hanya sebagian kecil saja, misal di bagian kiri/kanan atas framing. Saran buat lighting, buat produk2 seperti ini, sebaiknya pake dua sumber, yang satu lebih kuat dr yg lain. Dalam hal ini sumber cahaya bisa juga berupa reflektor yg memantulkan dr sumber cahaya utama. No offense, saya berniat membangun.

 Alexander H. Marshall (2260)

20 tahun yang lalu

Saran saya fokusnya diperbaiki dan piringnya ganti yg lebih nyeni

Yohanes Iwan Sugiarto (12)

20 tahun yang lalu

yup, DOF kurang lebar. hasilnya daun yang di depan blur. Naikin aperturenya sedikit

 Wiryo Hartoyo (29082)

20 tahun yang lalu

Kreatif... cuma DOFnya masih agak kurang pas

 Abi Rayyan (1731)

20 tahun yang lalu

sedap...

 Muhammad Taufiq (22933)

20 tahun yang lalu

hmm.. segar.. yup, dof kurang dalam..