Cemetery 


Hak cipta karya foto ada pada fotografer dan dilindungi oleh undang-undang.

Info

Ini adalah photogram, yaitu foto yang diambil tanpa kamera, melainkan langsung dengan menggunakan enlarger dengan meletakkan objek2 di atas kertas foto. <br>Untuk keterangan mengenai objek2 yg saya pakai adalah kertas minyak yg digunting dengan bentuk2 yg anda lihat di foto ini, yaitu bentuk batu nisan, bentuk rumput2 liar dan tidak ketinggalan bentuk hantunya sendiri. <br>Untuk mendapatkan efek (exposure)yang saya mau, saya perlu menumpuk kertas2 minyak itu sampai bbrp lembar sesuai dengan kebutuhannya yaitu mendapatkan exposure yang tepat utk masing2 objek di foto ini, misalnya utk hantunya saya pakai lebih sedikit lapisan kertas (shg lebih banyak cahaya yg mengenai kertas)utk mendapatkan image hantu yg agak samar2/gelap, sedangkan utk objek batu nisan dan rumput2 liarnya saya pakai lebih banyak lapisan kertasnya (shg lebih sedikit cahaya yg mengenai kertas) sehingga lebih terang. Dan memang itu yg saya mau, karena menurut saya, kalau anda ke perkuburan, tentu akan melihat jelas batu2 nisannya dan hantunya agak samar2 kan? :)<br>Nah, karena utk mengatur exposure-nya saya menggunakan ketebalan kertas minyak itu, maka saya tidak mempunyai catatan mengenai diafragma atau shutter speed itu sendiri.

  • Nilai foto: 9
  • Dilihat: 586
  • Waktu upload: Selasa, 04 Feb 2003
  • Lokasi: School Darkroom,
Kategori
HumorLain-lain
Shooting Data
  • Aperture: unrecorded
  • Speed: Unrecorded
  • ISO: 0
  • Kamera: Tidak tercatat *
  • Lensa: Nikon 50mm *
  • Filter: None
  • * Masih menggunakan daftar alat lama yang mungkin tidak akurat.
Kritik dan Komentar
 don peter (3009)

21 tahun yang lalu

imajinatif banget...btw komentar ttg foto sendiri bener juga..thx ya bang

 Ijar Karim (3204)

21 tahun yang lalu

mas hendra jangan2 seniman... sense of art nya ternyata punya juga....

 Gladia B. (7718)

21 tahun yang lalu

sedikit perlu waktu to digest keterangan anda, tapi idenya patut diberi dua jempol. semula saya kira hanya foto negatif biasa yg ditampilkan...

 Andi Lubis (14072)

21 tahun yang lalu

Keliaran imajinasi Bang Hendra patut dipuji... alangkah idealnya jika didukung dengan kematangan teknis sehingga ide abang dapat divisualkan lebih dramatis. Jangan berhenti mencoba dan berkarya, Bang... salam.

 Goenadi Haryanto (69924)

21 tahun yang lalu

Idee/gagasan yang melandasi dibuatnya foto ini punya nilai tersendiri, namun masih banyak kemungkinan yang dapat Anda coba untuk menampilkan yang lebih baik lagi. Jangan putus asa, teruslah berkarya. Menjadi fotografer yang handal adalah suatu proses dan tidak bisa melalui karbitan.

 Anthony Yang (10145)

21 tahun yang lalu

sebenernya saya ingin sekali memberikan penilaian dan komentar, tetapi karena data teknis dan keterangan di dlm pengambilan image ini yg tidak anda jelaskan, saya pun tidak merasa puas dgn image yg anda ambil, dan membuat saya penasaran sekali, mohon diberikan penambahan keterangan sehingga saya pun bisa memberikan penilaian atas image yg anda telah buat, sorry......(imho)