Zeiss Otus 55mm f/1.4 Review Oleh Enche Tjin Carl Zeiss

Oleh: Wahyudi (33)    9 tahun yang lalu

  0 

Zeiss Otus 55mm f/1.4 Review

Oleh Enche Tjin

 

Desain lensa seringkali dikompromikan kualitasnya dengan berbagai pertimbangan terutama ukuran, berat dan harga. Keluarga lensa Zeiss Otus adalah lensa yang dibuat dengan kualitas tinggi,tanpa ada kompromi. Di era fotografi digital sekarang, kamera yang memiliki resolusi tinggi (24 MP atau lebih) mulai menjamur, dan butuh lensa berkualitas tinggi untuk mendapatkan hasil yang optimal. Jika memasang lensa yang berkualitas rendah di kamera beresolusi tinggi, maka kualitas gambar juga tidakakan optimal, misalnya tidak terlihat tajam. Zeiss Otus dirancang khusus untuk mengakomodir kamera-kamera beresolusi tinggi di era sekarang dan mungkin jugamasa depan saat resolusi kamera melebihi 36 MP.

 

 

Saya beruntung diberi kesempatan untuk mencoba lensa Zeiss Otus 55mm f/1.4 dengan kamera Nikon D600 (full frame 35mm dengan resolusi 24 MP). Kesan pertama saya lensa ini terbuat dari material logam yang sangat berkualitas dan padat. Dibandingkan dengan lensa fix 50-58 mm lainnya,mungkin Zeiss Otus saat ini merupakan yang paling besar. Meski demikian, lensa ini tidak seberat lensa zoom telefoto dan masih seimbang saat dipasangkan dengan kamera DSLR tipe semi-pro dan profesional. Lens hood (topi lensa) juga sudah dipaketkan dengan lensa ini dan bahannya dari logam yang kokoh, tidak seperti kebanyakan lensa lain yang mengunakan bahan plastik.

Lensa ini menerima filter ukuran 77mm, yang sangat populer karena kebanyakan lensa-lensa berkualitas tinggi / profesional mengunakan filter thread 77mm juga, sehingga jika Anda telah memiliki filter77mm, dapat dipasangkan ke Zeiss Otus 55mm f/1.4.

Lensa Zeiss Otus ini adalah lensa manual fokus yang tersedia untuk dua jenis mount: Nikon F dan Canon EOS. Untuk lensa mount Nikon yang saya uji ini, memiliki aperture ring dan marka (tanda) untuk jarak fokus dan zone focus/hyperfocal focus. Maka ini sangat membantu dalam praktik manual fokus. Focus thrownya sangat panjang (180 derajat) sehingga pengaturan manual fokus bisa diatur sangat presisi tidak seperti lensa autofokus pada umumnya.

Tulisan di lensa diukir dan diisi dengan cat kuning. Ukurannya cukup besar, sehingga memudahkan untuk melihatnya di kondisi ruangan yang gelap.

 

 

Salah satu keunikan Zeiss Otus dibandingkan dengan lensa manual fokus Zeiss lainnya yaitu mengunakan karet yang tidak bergerigi. Dalam praktik, manual fokusnya menyenangkan dan mulus. Tapi ada juga kekurangan bahan karet, yaitu dibandingkan dengan logam adalah lebih mudah tergores... Read more

 

Click For Detail Carl Zeiss

 

*Untuk informasi lebih jelas silahkan hubungi: +62 21 634 3127 ( Dina / Denny)

Store location

Main Office:

Jl. K.H. Hasyim Ashari 44CD
Jakarta 10130
p. +62 21 634 3127 ( Dina / Denny  )
e. [email protected]
view map

Studio Rental:
Jl. Kran raya 28, Kemayoran
Jakarta 10610
p. +62 21 426 5576/89
e. [email protected]
view map


Studio Equipment Center | World Light Rent | System | Studio Rental | Service Center | Piart School

Belum ada komentar