tanya file mentah buat clien

Oleh: Rony Satria Yudha (389)    7 tahun yang lalu

  0 

Assalamualaikum sore rekan2 fn semua

sedikit curhat ama nanya buat rekan2 semua..

saya buka usaha studio photo..akhir2 ini banyak sekali pelanggan yang komplen..komplennya bukan dari segi hasil cetak photo..bukan juga karna paket wedding yang kemahalan..cuman komplen ini sampai2 ribut gitu ama pelanggan..saya ngerasa tidak dihargai sebagai fotografer,,oke kembali ke curhat,,ini kejadian pas 2 minggu kemaren job wedding saya diluar kota 9 mei 2014..saya urut saja ceritanya

1. ini wedding luar kota jarak dari studio saya sekitar 3 jam perjalanan..awal perjanjian nikah jumat habis nikah saya bisa langsung balik ke studio..tujuannya tuk editing photo pajangan..ternyata diluar dugaan pihak clien bilang klo habis jumaatan ada acara lagi..krna clien minta tolong berharap gitu ya udah saya luluh..saya jabanin tu acara sampai sore..waktu udah nunjukin pukul 5 sore..acara ga kelar2 juga..saking penuh ruangan sampai2 saya ga ada spase buat motret..dalam benak saya ini dah jam 5 sore..ke studio sampai jam brapa..blum lagi badan capek,blum lagi editing pajangan buat resepsi sabtu minggu..mempelai lagi sibuk amat..keluarga mempelai suruh saya tunggu smpai selesai..bisa2 tengah malam ni sampai studio..akhirnya saya cabut pulang tanpa minta izin..besok sabtunya saya datang telat karna nungguin cetak poto pajangan..clien dah berubah muka tapi mereka diem aja..ya udah saya ga jelasin..tapi terakir dia bilang klo acara blum selesai jangan pulang dulu..busyet dalam amat..emang saya robot apa..emang dipikir ngedit pajangan gampang apa..ya udah lah saya diem..walaupun saya telat di hari sabtunya namun resepsinya tetap juga jam 12 siang mulainya..sedangkan saya datang pukul 11 siang..

2..lanjut ke curhat ke dua...clien emosi bgt disaat softcopy di dalam CDnya hanya sedikit...saya jelasin ke clien..pak yang namanya soft copy yang didalam CD itu isinya ya emang file2 yang dicetak ke dalam album 4r..klo bapak mau ambil semua file juga boleh cuman bapak bayar Rp 200.000 per 40 bh file...langsung dech macam2 kata keluar dari mulutnya sampai bersitegang..dari pada saya capek2 saya copyin semua file mentah entah brapa giga itu..jadi butuh 7 CD..saya minta 100 rb doang..si bapak komplen lagi..akhirnya si bapak mau juga bayar 100rb..

kesalahan saya mungkin saya tidak menjelaskan dari awal bagaimana sistim yang kami pakai..cuman selama ini aman2 aja..kok sekarang bisa jadi ribut gitu..padahal yang resepsi di luar kota itu termasuk orang kaya lo..hadeeeee..

trus mungkin kesalahan saya lagi ga minta izin disaat mau pulang pas hari jumat..tapi kan saya dah berbaik hati nambah hari seharian..halaaaa

disini saya mau tanya ke rekan2 semua

1. bagaimana rekan2 semua disaat memberikan file dalam CD..apakah kasih semua file atw cukup yang dicetak di album 4r saja yg dikasih??oya sebelumnya saya akan kasih file semua klo paket weddingnya kusus..sementara clien ini hanya paket standar..

2. apakah sopan kita kasih tau ke klien klo paketnya hampir habis disaat resepsi masih jalan..misalnya baru jam 2 siang..sementara tuk motret tamunya aja di pelaminan udah menghabiskan paket wedding yang mereka pakai..

maaf rekan2 semua..kepanjangan curhatnya..ya saya kepengen berbagi ajah...mana tau dari rekan2 semua bisa memberikan nasehat2 kepada saya..supaya saya ga salah2 jalan di dunia FG ini..sekian ..wassalam

Belum ada komentar