{Sharing] Lawatan ke P Gili, Bawean, Mei 2012

Oleh:  Salahudin Damar Jaya, Jaya (45223)    11 tahun yang lalu

  0 

Berawal dari postingan rekan Wintang (adik kelas Fi-ITB ank 2006) di group FB Fisika ITB mengenai Murid-muridnya di P.gili, Wintang sedang sebagai Pengajar muda di Yayasan Indonesia Mengajar, tadinya awal januari saya mau kesana tapi melihat berita gelombang tinggi di laut jawa jadi saya undur jadi Mei karena kebetulan ada undangan pernikahan saudara di Surabaya sekalian saja saya & istri berkunjung.

 

Niat kami kesana (sambil memberi sesuatu ke murid2 Wintang) saya publish di FB. Alhamdulillah ternyata bantuan teman2 sangat banyak. Total barang yg dikirim saja + 200 kg. Belum yg kami bawa langsung (jatah bagasi 9 org). Total rupiah yg terkumpul dari teman-teman (diluar sumbangan dr kami ) + Rp 4,25 jt. Rekan kami Joko Raharjo di Gresik, berhasil mendapat dana 5jt dr Petrokimia Gresik. Dana2 tsb kami belanjakan keperluan anak2 Gili (alat tulis, aki+lampu, pakaian, obat2an, susu, dsb) & sisanya kami berikan kepada Wintang Haryokusuma untuk dikelola.

bawean

Pulau Gili Timur adalah pulau kecil berjarak 2,3km di timur P. Bawean. P. Bawean sendiri terletak di utara Jawa Timur, di Laut Jawa, sejauh +/- 125 km dari pelabuhan Gresik. Luas Bawean 196,11 km2 dan terbagi atas 2 kecamatan yaitu Tambak dan Sangkapura. Gili termasuk wilayah Sangkapura. Berapa luas P Gili? Hmmm.. butuh + 20 menit berjalan kaki utk bisa mengelilingi seluruh pulau. Jadi,.. dg asumsi pulau bulat sempurna, dan kecepatan jalan 4 km/jam, luas nya berapa ya?

 

Terimakasih pasangan Yanti Wijaya & Mursid Widjanarko, yg sudah beringan tangan membantu penyortiran dan pengepakan. ada beberapa buku yg kami anggap kurang berguna disana, seperti pelajaran bahasa sunda dan buku kewarganegaraan Malaysia he..he..., buku buku sumbangan teman-teman ini beserta peralatan sel surya saya kirim dahulu ke Surabya.

 

Horeee,.. sampai jg di jembatan Suramadu yg masyur.. Jembatan 5,438 km penghubung Surabaya & P. Madura. Sayang krn waktunya krg pas, hunting Suramadunya tdk maks. Waktu terbaik utk adl menjelang sunset, malam atau sunrise. Kami diantar sepupu saya, pasangan P Dodon & Bu Lis yg akhirnya jg ikut bergabung ke Bawean.

 

Butuh 6 thn dan 2 masa kepresidenan untuk penyelesaian jembatan selebar 30 m dgn 8 lajur ini. Siapkan Rp 30rb bila anda berkendara roda 4 dan Rp 3rb bila memakai roda 2.

Belum ada komentar