Kinerja servis center Alta seburuk ini, lalu apakah keuntungan kita membeli barang bergaransi ALTA ?

Oleh:  Kaufik Anril (37441)    12 tahun yang lalu

  0 

Saya adalah penggemar sejati kamera Nikon, sampai saat ini saya sudah bergonta-ganti kamera nikon dari jaman Nikon FE, F3, Nikonos V, D70, D300, D700, dan terakhir membeli D5100 untuk keperluan filming. Dari semua produk nikon baik Body, lensa, dan kamera semuanya berlabel 1+1 waranty alias Garansi resmi ALTA !

Kenapa saya pilih garansi ALTA ?
Konon katanya in-case ada apa apa, reparasinya gampang, bahkan ada yg bilang 10 hari bisa beres untuk servis kamera, and free selama masa garansi.

Kenyataan ?
Bulan juli 2011 saya membeli Nikon D5100, namun mengalami kerusakan di bagian shutter, dimana kamera tiba tiba blank sewaktu mengambil gambar maupun live view. Dicurigai shutter unit tidak ngangkat sewaktu release. Karena masih garansi, kamera saya klaim garansi melalui toko di bandung untuk dikirim ke ALTA Jakarta pada tanggal 6 Oktober 2011.

10 hari selesai ? ternyata diluar dugaan.... sebulan selesai ? juga tidak...
Akhirnya tanggal 16 November (yang berarti sebulan lebih) saya di telpon pihak toko untuk mengambil kamera tersebut. Sang petugas toko membuka kemasan kiriman dari Alta, dan memberikan body kamera kepada saya untuk di test. TERNYATA ? Kamera masih berkondisi SAMA PERSIS seperti saat dikirim, alias tidak bisa mengambil gambar (blank) karena shutter tidak mengangkat ! 40 hari barang di ALTA diapain saja ya ? bingung juga nih... apa ada Quality Controlnya ?
Akhirnya dengan kecewa, barang kembali saya klaim ulang.... dan tidak perlu kita bahas kerugian bagi kita-kita yang pakai kamera untuk keperluan profesi. Karena sudah jelas RUGI !

Tunggu punya tunggu... akhirnya hari ini tgl 29 NOV, pihak toko mengabarkan bahwa kamera sudah selesai.... dengan hati was was, akhirnya saya check kamera. Owww... akhirnya kamera saya bisa liveview lagii nih... :) shutter nya sudah berfungsi....
Problem berakhir ?? Ternyata tidak....
Setelah di check, saat mengambil gambar dengan view finder, semua gambar yg diambil OUT-OF-FOCUS !!! Kemungkinan teknisi lupa mengatur body adjustment setelah melakukan perbaikan pada shutter unit !

Sangat menyenangkan bukan ?

Kalau sudah begini, apa privilege kita membeli barang Nikon garansi ALTA yang lebih mahal tersebut ?

Bukankah membeli barang non-ALTA pun bergasansi, hanya saja garansinya di singapore dan membutuhkan waktu yg lebih lama ?


Sekedar sharing....

Belum ada komentar