Review : Carbon Fiber Tripod Gitzo GT1540F (Safari)

Oleh: Suli Kati (607)    12 tahun yang lalu

  0 

Gitzo Produsen tripod premium meluncurkan tripod terbarunya yaitu GITZO SAFARI, yang di desain khusus untuk fotografer outdoor / travel, yang membutuhkan tripod yang ringan, kuat serta mampu menghadapi berbagai kondisi alam dan tahan segala cuaca.
Team Premium Mentor series, mendapatkan kesempatan khusus dari Prima Imaging Selaku agen tunggal tripod GITZO di Indonesia untuk melakukan review tripod GITZO SAFARI GT 1540F pada Premiun Hunting Series ke Ladakh India pada tanggal 07-17 May 2011 lalu.

Kesan pertama melihat, tripod ini sangat ringkas dan sederhana, finishing hijau menjadi ciri khas tripod ini, pada saat di jinjing terasa ringan sekali. Selalu kita bawa kemanapun kita jalan.

GITZO SAFARI GT1540F yang kami review adalah generasi dengan teknologi terbaru dari GITZO

Yang memiliki Spesifikasi sbb:
- 6 X Carbon Fiber
- G-lock mechanism
- Section : 4 x
- Reversible Column
- Load Capacity : 8 kg
- Tinggi maximum : 159 cm ( Fullsized Tripod)
- Tinggi minimum : 17 cm (Low angle)
- Berat : 1.12 Kg (Belum termasuk Ballhead)


Gitzo GT 1540F ini dilengkapi dengan fitur yang sama dengan tripod Ocean Traveler “ Ocean-lock” berupa seal khusus yang mampu menahan atau meminimalkan air, lumpur, pasir dan kotoran masuk ke mekanisme section tripodnya.

Dan untuk melengkapi kekuatan dari tripod ini, para insinyur dari Gitzo tripod menempatkan “ hook” untuk menggantungkan tas atau pemberat pada centre columnya, tujuannya adalah untuk menambah stabilitas dari tripod itu sendiri.

Pada saat pertama melihat sistem putar untuk membuka section kakinya, terbayang di otak kita akan repotnya membuka atau melipat kembali tripod ini. Ternyata tidak! Gitzo GT1540F ini sudah di fasilitasi dengan G-Lock System. Yaitu mekasime yang dapat memaksimalkan ke kuatan / rigidity tripod ini dan mempercepat proses membuka dan melipat tripod ini. Saat team Premium Mentor Series melakukan uji coba di butuhkan waktu hanya kurang lebih 30 detik untuk membuka tripod. Dari posisi terlipat hingga posisi siap untuk di gunakan.
Dengan EOS 5D MK II + lensa 70-200 atau dengan 5D + lensa 24-70 f/2.8, tripod ini terasa sangat Solid.

Ketika kita berada di ketinggian 4400 meter diatas permukaan laut, kadar oksigen sangatlah tipis, ditambah dengan kondisi yang sangat dingin. Hal ini sangat berpengaruh pada stamina dan performance badan kita, kita akan sangat cepat lelah, dan sulit menghirup oksigen (meskipun kita sudah membawa tabung oksigen cadangan) pemilihan tripod yang ringan (tanpa mengorbankan kekuatan Tripod itu sendiri) adalah paling tepat!

Tambahan fasilitas dari Gitzo, centre colum pada tripod ini dapat di balik, sehingga memungkinkan kita untuk melakukan pemotretan macro, atau angle yang sangat rendah.

Dengan bentuk yang ringkas dan bobot yang ringan Gitzo Safari GT1540F ini cocok untuk fotografer yang suka travelling. Tanpa mengorbankan kwalitas sebuah tripod sejati!




Sulikati (Reviewer)
Premium Mentor Series

Belum ada komentar