(SHARE)repro digital untuk film/klise analog

Oleh:  Lay Kana (119105)    10 tahun yang lalu

  0 

Sekedar ingin berbagi solusi murah meriah bagi mereka yang bingung bagaimana menscan/merepro klise film mereka ke dalam bentuk digital.
Banyak teman saya yang masih memiliki klise dari jaman dulu atau bahkan mereka yang kembali menekuni kamera film, merasa bingung dalam memilih scanner yang akan mereka gunakan untuk mendigitalisasikan klisenya, begitu pula saya. Dari pilihan yang ada biasanya terbentur pada masalah kualitas, besaran frame, harga, besaran pixel atau juga ruang.
Akhirnya bagi saya mengambil keputusan untuk membuat sendiri alat bantu tersebut. Setelah melihat dan menimbang maka saya putuskan untuk mereproduksi klise2 saya ke dalam bentuk digital dengan menggunakan kamera yang ada dan tidak membeli scanner.
Untuk itu saya membutuhkan :
a. Kamera
b. Lensa makro atau makro extender(saya pakai lensa 50mm dan makro ekstender)
c. dudukan klise (saya gunakan frame diafilm bekas dan plastik bekas sambungan listrik)
d. Sumber cahaya (kebetulan saya memiliki flash sb 26 yang bisa diatur kekuatannya)
e. kotak pembias cahaya (saya gunakan karton bekas beras)
f. meja kerja
g. tripod

Untuk lensa dan FLnya disini yang penting bagi saya adalah ketika saya mengintip di lubang bidik, klise yang saya ingin ambil luasnya memenuhi framenya dan tajam. berhubung saya menggunakan ekstender maka jarak antara lensa dan objek-lah yang saya atur untuk mendapakatkan fokusnya, dan fokusing di lensa menjadi seperti fine tuning.

Sambungan antara flash dan kamera disini saya gunakan kabel, tapi untuk yang tidak memiliki bisa menggunakan wireless trigger ataupun juga memodifikasi kabel listrik (untuk yang ini caranya cari sendiriya hehe)

Sebagai contoh settingan yang saya gunakan pada kamera d70s adalah :
- ISO 200-400
- kecepatan 1/250
- bukaan f/22
- format Jpeg
- kekuatan flash 1/32 pada Nikon sb 26.

Tentunya alat yang saya gunakan ini hanya sebagai contoh, jika teman2 punya ide lain sebagai pengganti alat yang saya contohkan disini, mungkin bisa juga dibagikan di thread ini. Misalnya menggunakan lampu neon sebagai sumber cahaya, menambahkan kaca es untuk meratakan cahaya, dsb. PS : Untuk menginvert klise tersebut bisa menggunakan PS atau program post-processing lainnya yang memiliki failitas invert negative, biasanya saya hanya merubah level dan warna selain proses tersebut.

Belum ada komentar