[SHARE] BackFocus / FrontFocus (BF/FF) AF Adjusment Nikon D90. (Vertical Reposition)

Oleh:  Singgih Arfianto (5351)    13 tahun yang lalu

  0 

Sebelumnya saya ucapkan trimakasih kepada om momod buat spacenya. dan juga mohon maaf kalo thread seperti ini sudah pernah ada. Tapi sejauh saya search topik kayaknya sih blom ada, kalopun ada tidak seperti ini dan sudah ditutup. Hehehe :) .....
Tapi kalo ada bolehlah thread ini di close saja.

Oke, dasar dari sharing saya ini bermula setelah saya membeli lensa Nikon AF 80-200 Gen1 Pushpull yang kondisi fisik bisa dibilang mulus, tapi sayang waktu disandingkan dengan D90 saya mengalami gejala backfocus.
Setelah googling beberapa hari, ketemu artikel serupa DIY (do it yourself) yang melakukan adjustmen dari sisi body. Tentunya slaen D700 ke atas yak, soalnya yang level pro katanya ada fitur AF fine tuning (AF Adjustment dari sisi software).
Artikel seperti ini telah saya temukan beserta setidaknya ada 2 lagi (namun saya tidak simpan addressnya), telah memberikan saya motivasi dan keberanian untuk mencoba.

Sebagai bahan iseng, saya memiliki 3 buah lensa :
A. AFS 18-105 f3.5-5.6 VR (OK)
B. AF 50 f1.8 (OK)
C. AF 80-200 f2.8 (Backfocus : alasan saya melakukan keisengan ini)

Setelah saya lakukan "kalibrasi", hasilnya adalah :
A. AFS 18-105 f3.5-5.6 VR (OK)
B. AF 50 f1.8 (Frontfocus)
C. AF 80-200 f2.8 (OK)

Tapi buat saya oke2 ajalah, saya lebih butuh AF di 80-200 karna bakal sering buat candid dan subyek bergerak. Kalo 50 f1.8 lebih sering saya pake buat portrait, still life, makro, atau foto produk yg kebanyakan diem aja.

Semoga ada yang mau menambahkan, sukur2 ada tutorial kalibrasi AF di lensa. Sebenernya pengen tau juga yang adjusment di sisi lensa, tapi belom nemu2...


TAMBAHAN : Dari bisikan seorang teman, saya diberitahukan bahwa metode ini sangat tidak direkomendasikan, karena jika salah bisa timbul implikasi di faktor yg lain. Maka jika tidak yakin, lebih baik serahkan service centre saja.

- Only do it if you really know what you're doing.
- And do it at your own risk.
- Mungkin saya hanya mujur solusi ini berhasil untuk saya.

Belum ada komentar