Plus-minus Olympus E-5 dibanding kamera pro full frame dengan resolusi yang sama

Oleh:  Rocky Pesik (13093)    13 tahun yang lalu

  0 

http://www.omuser.com/viewthread.php?tid=139646&extra=&page=5##]br!
Ada beberapa perbandingan shot antara Olympus E-5 dengan kamera pro full frame 12 MP.

Catatan: Karena bahasa dan tulisan mandarin, saya nggak ngerti metode pengetesannya, lensa apa yang digunakan, dll. Tapi menurut saya kurang lebih bisa saya ambil kesimpulan sbb:

1. Di low ISO, terlihat hasil E-5 lebih tajam. Kenapa? Menurut saya karena:
- Diambil di f yang sama, yaitu f8.0. Olympus dengan f yang sama DOF nya 2x lebih tebal. Makanya mempengaruhi ketajaman di berbagai jarak, meskipun sedikit. Ini karakter 4/3 dibanding FF. Drawback nya adalah bokeh E-5 akan tidak se blur kamera full frame.
- Teknologi yang diterapkan Olympus di sini terlihat juga, dengan menipiskan low pass filter dan diproses di True Pic V+, fine detail processing.

Lihat di foto2 crop yang B, yang ada botol minuman. Gerigi tutup botol warna bitu itu di E-5 terlihat sangat tajam.


2. Baru di high ISO, ISO 800 ke atas, full frame mulai mengejar dan menang menurut saya di ISO 3200 ke atas. Inilah keuntungan full frame. Meskipun E-5 dengan menipiskan low pass filter menjadikan E-5 sebagai kamera 4/3 (dan m4/3) yang noise nya paling rendah, dan sangat kompetitif dibanding sensor APSC, perbedaan ukuran sensor yang jauh mulai terasa efeknya. Bentuk botol air mineral di E-5 high ISO tidak sebagus hasil di FF.

Ini adalah perbedaan karakter 4/3 dengan FF. Bukan masalah bagus/tidaknya ya. Jalan yang ditempuh format FF dan format 4/3 berbeda, jadi tidak apple to apple sebenarnya. Ada "gain and sacrifice" nya di situ untuk beberapa aspek tertentu.

Saya coba share sedikit dari perbedaan itu. Mudah2an bisa diterima.

Belum ada komentar