Terjawab sudah: masa depan E-System

Oleh:  Alexander H. Marshall (2260)    13 tahun yang lalu

  0 

Seperti halnya pemakai Micro Four Thirds di seluruh dunia saya juga khawatir Olympus akan menghentikan produksi kamera Four Thirds dan bermain di ranah baru yang laris manis: micro Four Thirds.

Cukup lama tidak ada jawaban dari Olympus. Tanda-tanda yang ada juga mengecewakan: tidak ada lensa FT baru, body FT baru juga lebih dari setahun tidak ada barunya, dll, dll.
Banyak yang kemudian patah hati dan menjual perangkat FT-nya.

Sampai hari ini, ada keterangan di situs resmi Olympus:
Menurut Akira Watanabe, Olympus SLR Product Planning Department:
'When compared to the SLR destined for professionals and advanced amateurs such as the E-5, the "new generation system camera" is still unable to cover many areas. Advanced requirements for AF speed and viewfinder tracking speed can still be met only with the Four Thirds System. I believe that the E-5 system is ideal for the most demanding users.
Accordingly, we market two product lines to suit different user needs. For users of Four Thirds cameras like the E-3 and E-30, the E-5 is our latest offering. For users more concerned with reduced size and weight, such as users of the E-400, 500 and 600 Series, we now offer the PEN Series.'

Membaca keterangan kesimpulan saya:
- Sistem Four Thirds / E-System masih akan bertahan di beberapa tahun ke depan paling tidak sampai semua kemampuannya bisa disamai kamera micro Four Thirds (dan masih ada pasarnya)
- Untuk pengguna SLR, pilihan kamera tinggal yang kelas tinggi seperti E-5, E-3 dan E-30
- Pengguna kelas prosumer (seri E-400, 500 dan 600) yang mau memperbarui kameranya tanpa naik kelas dipersilahkan ke seri PEN
- Pengembangan kedua sistem akan terus melaju dengan micro Four Thirds mengalami percepatan dan nantinya menyusul Four Thirds (dan akhirnya selamat tinggal Four Thirds)

Pernyataan ini membuat saya lega, kehilangan sekaligus kesepian. Saya amat menyukai seri E-5xx karena ukurannya pas di tangan dan harganya relatif murah. Sekarang kalau ingin mengganti kamera saya perlu keluar uang lebih banyak.
Bagaimana pendapat teman-teman?

Salam,
Marsel.

Belum ada komentar