[share] tips bikin foto montase - kurcaci2ku

Oleh:  Mahardhika Arifiansyah (41513)    13 tahun yang lalu

  0 

Halo FNers semua, salam hangat selalu.

Tanpa maksud untuk merasa lebih bisa atau lebih pintar dari senior FN-ers lainnya, saya ingin berbagi sedikit pengetahuan saya yang sangat minim berkaitan Digital Imaging (DI) atau biasa disebut juga Olah Digital (Oldig).

Pada kesempatan ini saya akan berbagi tips dalam membuat karya kurcaci2 saya yang merupakan hasil montase dari beberapa foto yang digabungkan menjadi satu frame. Aspek-aspek di bawah ini sebenarnya sudah cukup umum dalam fotografi dan olah digital, dan saya yakin sebagian dari anda sudah mengetahuinya dan bahkan mengerti secara lebih mendalam daripada saya. Tapi saya akan coba ulas lagi secara general semua aspek seperti lighting, shadow, focal length, camera angle, serta kaitannya dalam mengolah karya digital. Dan saya rasa bisa diaplikasikan untuk berbagai jenis karya montase lainnya.

Dalam foto-foto seri ‘Kurcaci‘ perlu saya sampaikan bahwa foto terbagi menjadi dua bagian, yaitu foto utama (main photo) yang merupakan foto asli apa adanya, dan foto sekunder (secondary photo) yang merupakan objek sekundernya dalam hal ini saya bikin 'kurcaci-kurcaci'. Penting untuk diketahui bahwa foto utama photo akan menjadi acuan bagi pengambilan foto sekunder.

Semoga berkenan. Salam hangat, cinta, dan senyum selalu.

(~_^)V,,
Ari Mahardhika

Note: Ini BUKAN artikel tentang step by step cara membuat, tapi membahas mengenai faktor-faktor yang (saya rasa) perlu diperhatikan dalam membuat olahan digital pada foto montase supaya terlihat lebih dinamis.

"the eyes see what the mind believes..."

Belum ada komentar