[Sharing] Merajut Kisah Dengan Bayangan

Oleh:  Deni Yulian (11924)    13 tahun yang lalu

  0 

Membaca sharing yang disajikan oleh kawan-kawan di forum FN senantiasa memberi inspirasi dan ide ide baru di kepala saya. Sesuatu yang " wah " dan terkadang sebelumnya tidak terfikir dibenak ini. Dalam kesempatan ini izinkanlah saya membalas kebaikan teman teman dengan sebuah sharing mengenai cuplikan foto sederhana tentang bayangan atau Pure Shadow Photo, semoga menginspirasi...

-----------------

Jika wajah manusia sudah sulit dikenali diwaktu malam, ketika sebagian bumi kehilangan denyut cahaya, maka tidak demikian dengan bayangannya. Bayangan itu seolah bangkit dan merayap di celah celah cahaya rembulan atau sorot lampu pijar di pinggir jalan. Berpadu dengan temaram, merajut kisah tersendiri yang terkadang merupakan paradoks dari manusia-manusia sang pemilik bayangan. Mulai dari kisah yang mudah dimengerti lewat sekali pandangan mata, hingga butuh alur pemikiran tersendiri agar dapat menganggukan kepala pertanda memahami.

Satu hal yang menarik dari sifat bayangan adalah bentuk bayangan itu tidak selalu sesuai dengan objek aslinya, tergantung sudut, jarak, arah, dan intensitas cahaya yang mengenainya. Maka jadilah efek yang lebih dramatis dari objek yang sesungguhnya, seperti ketika kita menonton salah satu adegan ditelevisi yang menggambarkan sesosok bayangan yang tinggi besar, padahal objek yang sebenarnya hanyalah seorang kakek yang tua renta dengan tongkat ditangan kanannya.

Hal tersebut juga terjadi pada foto bayangan yang saya dapat di kota tua, banyak bayangan yang seolah seperti bayangan anak kecil, padahal objek aslinya adalah orang dewasa, atau sebaliknya. Dan satu hal lagi, bayangan selalu memiliki cerita tersendiri yang terkadang jauh dari realita sesungguhnya. Seperti pada potret bayangan yang berjudul single parent yang mengggambarkan seorang ibu dengan tiga anaknya, sebenarnya itu adalah bayangan 4 orang remaja yang kebetulan jaraknya terhadap sumber cahaya berbeda sehingga menimbulkan distorsi bayangan seperti bayangan 3 anak dan satu ibu. Pada kenyataannya keempat orang ini tidak sedang berpose bersama, bahkan kemungkinan tidak saling mengenal satu dan lainnya,tapi bayangan mereka menyajikan kepada kita ..... kisah tersendiri.

----------------

salam hangat & jabat erat :)



1. Single Parent

Belum ada komentar