[KT] Bingung. Ga Ngerti.

Oleh:  Alva F.P. Sondakh (9358)    13 tahun yang lalu

  0 

Itulah beberapa komentar terhadap 5 foto terakhir saya dalam seri "[ ]".
Agak malas juga sih menerangkan seri terbaru saya ini, tapi ga apa2, mumpung lagi break sebentar nunggu meeting.

Here goes..(PERHATIAN!! Tulisan ini kurang baik untuk newbies yang belum sepenuhnya mengeksplorasi teknik, metode, tema fotografi yang begitu luasnya. Pengalaman dan pemahaman anda tentang seni visual secara umum berpengaruh dalam membaca tulisan ini). :D

Seri ini dimulai dengan kurang bergairahnya saya melihat-lihat galeri foto FN. Fotonya itu2 aja, dengan teknik, metode, tema yang udah 'basi'(?). Kalaupun ada yang menonjol itupun hanya ada satu dua aja. Selain dari itu, hanya foto2 yang ingin tampil lebih tapi tidak punya kekuatan apa2.
Dari situ, saya berpikir, gimana kalo saya bikin foto yang benar2 tidak punya apa2. Foto yang direduksi sampai ke elemen2 visual yang paling dasar saja (warna, tekstur, pola, komposisi wujud dan bentuk), tanpa mengacu pada apapun, tanpa menyerupai apapun, tanpa makna apapun, yang akan memaksa orang untuk berpikir atau mungkin yang akan memaksa orang untuk tidak berpikir apa2.
Selain itu, apa yang terjadi jika saya taruh foto itu di galeri FN, di antara hingar bingar tema, teknik dan metode yang ada.
Maka dibuatlah foto pertama dalam seri itu, yang berisi 2 shades of Pink dan putih dalam komposisi garis2 vertikal dengan tekstur tekstil [ ].
Ternyata, IMO, berhasil. Apa yang saya bayangkan untuk terjadi ternyata bisa terjadi.

Lalu saya berpikir lagi, karya ini masuk dalam genre apa ya? :D
Dan seperti biasa, saya lari ke Artcyclopedia yang sering jadi acuan saya. Eh, ternyata ada lho. Ada gerakan seni yang namanya "Abstract Expressionism". Hehehe, ternyata kerjaan saya ga omong kosong.

Abstract Expressionism memiliki dua aliran besar, yang pertama Action Painting dan satunya Color Field Painting. Lho kok painting? IMO, selama masih berhubungan dengan seni visual, dan menghasilkan karya di atas sebuah lembar 2 dimensi, saya rasa masih sah jika kita pakai dalam fotografi.
Jika diperhatikan, ternyata eksperimen saya tersebut cocok masuk dalam aliran "Color Field Painting" yang mengeksplorasi efek2 kemurnian warna (di atas kanvas) dalam lembar foto. Tentunya ini harus disesuaikan dengan medium yang kita pake, yaitu kamera.
Artis2 dalam aliran ini yang menarik perhatian saya antara lain, Mark Rothko, Barnett Newman, dan Morris Louis.

Well, jika anda ingin mengeksplorasi Abstract Expressionism silakan browse link dari artcyclopedia.com itu.

Mengenai komentar2 terhadap foto2 saya dalam seri "[ ]", sepertinya sudah pas dengan apa yang saya harapkan, karena IMO, abstract tidak akan pernah bisa dijelaskan maknanya dengan kata2. Dia hanya bisa dihayati, dan jika penghayatannya hanya menghasilkan "Ga Ngerti. Bingung", ya ga apa2. :D

Belum ada komentar