[Sharing]Mengapa Menggunakan RAW dan Post Process nya

Oleh:  Mochamad Sina Sulaeman (15859)    13 tahun yang lalu

  0 

Salam,

mencoba untuk sharing walau manfaat nya tak seberapa tapi setidak nya saya mencoba untuk memulai dari diri saya sendiri dulu. :D

Saya masih suka baca di beberapa thread ada yang bertanya mengapa harus memotret dengan RAW atau beda nya RAW dengan JPEG itu apa. Saya tidak akan menjelaskan RAW file itu apa karena saya rasa sudah banyak penjelasan RAW itu apa. Saya juga sudah beberapa kali beberapa artikel di majalah mengupas masalah alasan menggunakan RAW file dalam pemotretan. Rekan-rekan bisa lakukan pencarian topik untuk lebih jelas mengenai dasar RAW.

Untuk kesempatan ini saya mencoba untuk sharing sebagai contoh salah satu foto saya. foto potrait dari seorang teman. Foto ini saya ambil di lokasi di sebuah arena permainan outdoor. lighting yang di gunakan adalah off-shoe flash 2 buah. Satu adalah SB800 dengan menggunakan payung transparan sebagai modifier. sedang untuk hair light saya gunakan 430EXII dengan gel kuning. (lighting diagram terlampir)

Alasan saya menggunakan format RAW kali ini karena di foto saya ada 2 sumber cahaya yang masing-masing memiliki temperatur warna berbeda.Dalam hal ini ada nya lampu bohlam pada background dan lampu flash. Bisa saja sebenarnya di lakukan tanpa RAW processing tapi hendak white balance di setting secara akurat. Karena ketika pemotretan sudah larut dan waktu pemotretan butuh cepat, maka saya putuskan untuk memotret menggunakan RAW.

Tujuan post processing nya adalah untuk menyamakan (paling tidak hampir) temperature warna background dan subjek dengan adjustment white balance pada RAW file. Ada 2 software yang akan saya gunakan yaitu Capture NX2 (CNX2) dan Photshop CS3(PS CS3). Hasil nya tidak bisa sama persis, saya rasa karena keterbatasan kemampuan saya. Perlu ditekan kan inti proses nya bukan saya memberi tau harus WB nya A atau temperature nya X, Tint nya ini tapi cari lah hasil setting menurut kita paling sesuai dengan yang kita sukai.

Di bawah ini adalah foto tanpa lsg keluar dari kemara secara format RAW dan saya convert ke JPG menggunakan Capture NX2 beserta lighting diagram nya.


-------------------------------------------------------------------

Tambahan dari rekan-rekan:

  • Lay Kana: alasan penggunaan RAW karena untuk konsistensi tone, dan kedalaman warna
  • Achmad H.: yang perlu diperhatikan tambahan memory cadangan karena ukuran file yang besar.
  • Harlim: yang perlu diperhatikan continous improvement SDM, penggunaan RAW untuk evaluasi meminimalisasi kesalahan pemotretan di lapangan.
  • Mualifi: alasan penggunaan RAW karena banyak software RAW editing, bisa batch processing, storage data sudah relatif murah.
  • Rio Y.: foto IR wajib menggunakan RAW... :)
Belum ada komentar