WTA : Preset WB A200 + Cokin P007

Oleh:  Eko Ariawan (12176)    14 tahun yang lalu

  0 

Rekan-rekan fotografer,

Saya sudah mencoba mencari thread tentang bagaimana preset WB untuk Sony Alpha A200 dengan kondisi filter infrared P007 terpasang pada lensa kit. Dan kebetulan saya tidak menemukan thread yang membahas soal ini, mohon kesediaannya dari rekan-rekan dan senior-senior yang mungkin pernah mencoba bermain-main dengan setting WB pada A200, mohon kesediaannya untuk sharing.

Saya kemarin mendapatkan sebuah filter Cokin P007 di bursa, dan kemudian coba saya gabungkan dengan gear Sony Alpha A200.

Langkah yang saya lakukan ada custom white balance ke kertas putih dengan kondisi filter terpasang, namun ketika preset dilakukan, kamera tersebut menyatakan bahwa preset WB error, dan secara default WB yang di assign adalah adalah berkisar pada 2500K.

Dengan menggunakan preset 2500K, foto infrared memang terlihat benar tone nya, langit agak sedikit kuning dan daun agak sedikit biru, mungkin bisa dilihat file mentahnya di bawah.

Yang jadi pertanyaan saya adalah, bagaimana agar bisa mendapatkan preset yang sesuai dengan kondisi diatas. Yang belum saya coba sampai saat ini adalah mengubah nilai suhu pada preset WB tersebut.

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih, semoga pencarian thread saya benar, bahwa thread ini belum pernah ada sebelumnya.

Salam
=^^=

Belum ada komentar