adjust WB : pertahankan seperti mata melihat atau percaya software?

Oleh:  Tedy Tirtawidjaja (4656)    14 tahun yang lalu

  0 

Dear Rekans, setelah mencari-cari di forum saya sudah menemukan beberapa threads soal custom WB, tapi saya masih punya pertanyaan lain berkaitan dengan pengaturan ulang white balance. Misalkan saya memotret liputan wedding dengan bantuan lampu video (unomat misalnya). Apakah kita sebaiknya mengatur ulang WB (mencari warna putih yang natural) atau biarkan saja sesuai aslinya? Pertanyaannya tidak 100% untuk acara wedding, cuma lebih jelas sepertinya kalau ambil contoh acara wedding karena rata-rata pasti ada lampu video.

Yang masih jadi pertanyaan adalah : di tempat acara mata saya melihat suasana itu memang sedikit kuning (atau lebih tepat pakai istilah "warm" ). Saya lakukan perubahan di Canon DPP (filenya RAW), yg saya lakukan di DPP cuma mencari-cari subjek yang putih dan menjadikannya sebagai reference point. Tapi kok hasilnya kok jadi tidak seperti yang saya lihat di lokasi ya? Nah mana yang lebih tepat, membiarkan foto seperti suasana yang saya lihat atau percaya dengan pengaturan WB di kamera/software DPP tadi?

Saat saya tidak punya grey card atau expodis, cara apa yang paling efektif untuk melakukan perubahan WB?

Mohon sharing tips-tipsnya rekan-rekan di Forum ini. Apakah rekan-rekan selalu mengubah WB atau membiarkan foto apa adanya? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.


regards,
Tedy Tirtawidjaja

Belum ada komentar