Tehnik rigging otomotif

Oleh: Donny Bagus W. (1718)    14 tahun yang lalu

  0 

Sebelumnya thanx to rekan-rekan yang sudah memberi apresiasi positif untuk foto saya as newbie sehingga dapet status FPE.

Banyak yang tanya bagaimana tehnik capture gambarnya. Saya mau share disini bahwa tehnik yang digunakan sebenarnya cukup sederhana. Rekan-rekan cukup menggunakan alat mounting kamera yang disebut rig (bisa dibuat secara DIY). Bentuk & setup sesuai selera. Pada umumnya Rig tsb diinstall di body mobil dengan suction cup sebagai mounting-nya. Lalu cari angle yang dirasa cukup dahsyat sehingga memberikan efek ngebut yang dramatis. Saya set kamera di mode Tv dengan exposure 2 detik untuk foto tsb. Satu-satunya hal yang cukup sulit dari tehnik ini adalah mempertahankan posisi kamera supaya minim getaran. Untuk mengatasi hal tsb, saya pilih lokasi di parkir lot sebuah mall dimana permukaannya sangat mulus. Namun terkadang itu saja kurang cukup untuk menghasilkan gambar yang tajam. Supaya lebih baik lagi, mobil cukup didorong saja tanpa menyalakan mesin.

Hasil akhir diolah lewat program image editor untuk menghapus rig tersebut dari mobil. Cukup menggunakan stamp clone tool.

Mudah-mudahan bermanfaat.

Belum ada komentar