Dirilis, Compact Flash Berkapasitas Ribuan Terabyte

Oleh:  Meylan Fredy Ismawan (13345)    14 tahun yang lalu

  0 

Di era fotografi digital seperti sekarang, peran memory kamera tentu tak bisa dipisahkan dari aktivitas fotografi kita. Salah satu jenis memory kamera yang banyak dipakai oleh kamera digital (khususnya SLR) adalah Compact Flash alias CF. Kapasitas yang besar dan speed yang tinggi tentu jadi dambaan, meski harganya juga tidak murah.

Dengan hadirnya fitur video di beberapa kamera SLR terbaru, apalagi beberapa seri kamera menawarkan video kualitas High Definition, tentu kebutuhan memory kamera akan berbeda lagi. Yang tadinya sekian gigabyte cukup untuk hunting foto seharian, kini karena ada fitur video, memory kamera jadi terasa kurang besar.

Namun kini permasalahan tersebut mulai teratasi. CompactFlash Association telah mengumumkan spesifikasi terbaru CF 5.0. Perubahan besarnya adalah pada kapasitas dan kecepatan transfer data. CF 5.0 disebutkan memiliki kemampuan 48-bit. Ini lebih besar dibandingkan kemampuan saat ini pada 28-bit.

Tapi apa artinya kemampuan 48-bit itu? Nah, menurut DPReview, ini berarti kemampuan penyimpanan generasi berikutnya dari memori CF ini bisa mencapai 144 Petabyte (kurang lebih, 1 Petabyte = 1000 Terabyte, 1 Terabyte = 1000 Gigabyte).

Tentunya, itu merupakan batas maksimal teoritis saja. Sedangkan prakteknya, entah apakah akan ada produsen memori yang menerapkannya atau tidak.

Nah, soal kecepatan, CF 5.0 ini akan mampu mencapai 32MB per detik. Sedangkan yang ada saat ini hanya 128 KB per detik.

CF 5.0 akan ditujukan terutamanya bagi kamera perekam video. Namun tipe memori ini diperkirakan juga akan tersedia untuk kamera digital SLR High Definition di masa yang akan datang.

Sumber:
DetikInet

dpreview

Belum ada komentar