[share]Transfer file dari kamera ke komputer melalui wifi pake Eye-fi

Oleh:  Pujo C Agustiyanto (6830)    14 tahun yang lalu

  0 

Akhir ada juga hari senggang untuk nyobain eye-fi. saya hanya ingin share jika temen2 ada yang butuh kemampuan total wireless di studionya atau dimana saja.

Setelah sekian lama menunggu akhirnya produk yang satu ini ngeluarin card yang bisa transfer raw file. Apakah itu Eye-fi? berbentuk SD card dengan kapasitas beberapa GB dan mempunyai kemampuan mentransfer file foto dari kamera ke komputer secara wireless, dengan catatan bahwa keduannya ada dalam wireless network , untuk yang pro version bisa adhoc (tanpa wireless router) untuk mentransfer data. untuk keterangan lebih lanjut silahkan ke http://www.eye.fi
Eye-fi card dapat di beli online melalui amazon. karena rencana saya ini akan dipakai di D700 maka saya beli juga compact flash - sd card adapter.

bebarapa hari yang lalu paketnya datang dengan aman. setelah dibuka maka terdapat CF -sd card adapter dan box eye-fi card pro 4GB yng berisi manual, card reader dan 4GB sdcard eye-fi pro.

Pertama2 eye-fi harus di setting dulu dengan wireless router atau kalao yang pro dengan komputer/laptop yang diutuju. setelah selesai di register dan di set langkah berikutnya boleh dijalankan.

setelah saya pasang eye-fi card di CF adapter dan saya mencoba memasangkan card ke D700 terjadi hal yang saya tidak kira sebelumnya. D700 tidak support CF typeII, what the hell are the engineer in Nikon think? semipro camera and does not support CF type II!

Ternyata D700 hanya support CF type I, yang bodynya lebih tipis 2mm dibanding CF type II. jadi akhirnya saya coba di fuji S5pro yang bodynya mirip D200. Tetapi problem berikutnya muncul, ternyata S5pro nggak bisa mentransfer foto2nya. saya akan coba mengudate firmwarenya. kalau sudah nanti saya update lagi

Akhirnya eye-fi saya coba di canon G9. camera saya nyalakan dan mulai memotret. setelah saya tunggu 2 detik kemudian file foto sudah mulai di transfer dari kamera saya ke komputer. waktu transfer rata2 dengan setting wirelees dirumah saya kira2 500KB/detik.

Kemudian saya coba eye-fi card di D90 adik saya, eye-fi card langsung bekerja memindahkan foto2 yang saya ambil. terjadi masalah ketika saya tidak sengaja mematikan wireless, ternyata file foto pada corrupt, jalan keluarnya saya pindahkan dulu file dengan card reader, lalu card fi format DI KAMERA (sangat penting untuk format card di kamera! kalo di format di komputer maka semua file eye-fi yang penting akan hilang)

Kesimpulan;

1. untuk studio static / studio berjalan produk ini menurut saya sangat cocok, apa lagi di kombinasikan dengan lightroom. begitu file terkirim di folder tertentu maka lightroom langsung mengimport dan menampilkan fotonya. instant grafication just got easier

2. D700 tidak suport CF type II, memang ini salah saya, harusnya saya cek dulu. tapi kalo temen2 ada yang tahu dimana saya bisa dapet CF-SD card adapter yang type I tolong saya di aksih tahu

3. S5pro masih belum bisa memakai eye-fi

4. Transfer RAW/NEF dan JPEG mempunyai kecepatan yang sama, bedanya kalau file raw lebih besar sizenya jadi agak lebih lama.

5. banyak yang sudah mencoba di canon, tapi berhubung saya nggak ada body canon jadi nggak bisa coba

6. seharusnya bisa di coba juga untuk di pasang di digital back, tapi sekali lagi saya nggak punya. kalo ada yang punya dan mau coba mari kita janjian.

7. Saya juga sangat tertarik untuk mencoba ini di D3x.

8. Eye-fi card juga bisa upload foto langsung ke website2 terkeal seperti flickr, ntah ke FN bisa nggak yah

Belum ada komentar