[Share] Bukan Panning - Rig Photography

Oleh:  Prasetyo Otty (8931)    14 tahun yang lalu

  0 

Berdasarkan request untuk share dari teman2 yg mampir di foto yg saya upload, disini saya mau berbagi teknik Rigging.

http://www.fotografer.net/isi/galeri/lihat.php?id=1070027

Motion Effect yang diharapkan dan sudut yang flexible hampir tidak mungkin secara sempurna didapat dengan tehnik Panning.

Untuk itu perlu adanya suatu teknik yang bisa mengakomodir 2 hal tersebut, teknik ini dikenal dengan istilah Rig Photography.

Karena banyak yg menggunakan teknik ini ke foto mobil, maka lebih dikenal dengan istilah Car Rig Photography.

Apa aja sih peralatan yg dibutuhkan ?

2 / lebih batang Pipa Aluminum yang disambung, 1 inch Diameter .... @ 1,5 m ... jadi total panjang yg digunakan saat ini 3 meter
Drat sambungan untuk pipa alumunium
3 super clamp
Dua Avenger F1000 Suction Cups
Satu Manfrotto Magic Arm

Konsep nya sederhana...... pipa digunakan sebagai boom, dua cup penyedot untuk menahan pipa ke mobil, tiga penjepit untuk menahan pipa, dan Magic Arm untuk pengaturan fleksibilitas posisi kamera.

Pemasangan pipa dan cup penyedot harus diperhitungkan supaya pada saat pengeditan agak mudah. Untuk mencegah goyangan yang terjadi pada pipa, sebaik nya mobil di dorong di jalan yang cukup mulus [beton / aspal]. Supaya aman ... perlu dilakukan oleh team 3-4 orang.

Setelah mendapatkan lokasi yg cocok .... tinggal di lihat sejauh mana efek blur yg ingin dihasilkan, tentunya kalau outdoor membutuhkan filter peredam cahaya, disini kita bisa gunakan ND8 atau ND 400 sesuai kebutuhan sejauh mana peredaman cahaya yg di inginkan.

Untuk post processing bisa menggunakan lasso tool dan clone stamp ... untuk menghilangkan batang pipa dan bayangan pipa ke mobil / jalan [jika ada]

Nah kira2 begitulah panduan singkat Car Rig Photography ... kalau ada yang kurang jelas langsung di tanyain.


Disclaimer : segala kerusakan yg timbul akibat coba2 teknik di atas adalah resiko masing2 :P

Met tahun baru semua ! Met ultah FN !

Belum ada komentar