<Share> Model Release

Oleh:  Widianto H. Didiet (96994)    14 tahun yang lalu

  0 

Ceritanya ada seorang temen yang bertanya tentang Model Release. sekalian aja, aku coba share disini, walaupun sebenernya udah banyak banget thread mengenai Model Release..

ok.. kita mulai..

Pertama tama, apa sih model release itu..
Model Release itu adalah suatu surat izin penggunaan foto dari model atau orang yang foto dirinya tercantum di sebuah karya foto.

Lalu, untuk apa model release?
coba kita perhatikan cuplikan UU Hak Cipta ini :
Pasal 19
1.Untuk memperbanyak atau mengumumkan Ciptaannya, Pemegang Hak Cipta atas Potret seseorang harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari orang yang dipotret, atau izin ahli warisnya dalam jangka waktu 10 (sepuluh tahun) setelah orang yang dipotret meninggal dunia
2. Jika suatu Potret memuat gambar 2(dua) orang atau lebih, untuk Perbanyakan atau Pengumuman setiap orang yang dipotret, apabila Pengumuman atau Perbanyakan itu memuat juga orang lain dalam potret itu, Pemegang Hak Cipta harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari setiap orang dalam Potret itu, atau izin ahli waris masing-masing dalam jangka waktu 10 (sepuluh) tahun setelah yang dipotret meninggal dunia.

Pasal 20
Pemegang Hak Cipta atas potret tidak boleh mengumumkan potret yang dibuat:
a.Tanpa persetujuan orang yang dipotret;
b.Tanpa persetujuan orang lain atas nama yang dipotret; atau
c Tidak untuk kepentingan orang yang dipotret,
apabila Pengumuman itu bertentangan dengan kepentingan yang wajar dari orang yang dipotret, atau dari salah seorang ahli warisnya apabila orang yang dipotret sudah meninggal dunia

nah.. dalam undang2 itu... kita harus mempunyai ijin untuk publikasi karya kita apabila memuat objek berupa orang. Kalau kita melanggar, kita bisa terkena tuntutan.. (untuk lebih lengkapnya coba cari UU Hak Cipta)

Model Release adalah sebuah surat izin penggunaan foto dari model atau orang yang foto dirinya tercantum di sebuah karya foto untuk mengatasi klausul dalam UU Hak Cipta tersebut...


Bentuk Model Release seperti apa..
Intinya, Model Release itu adalah sebuah surat pernyataan, jadi bentuknya bisa beraneka ragam sesuai dengan kebutuhan. Kita bisa membuat model Release dalam berbagai bentuk... Tapi sebisa mungkin buatlah yang praktis agar tidak menyulitkan kita dalam meminta objek foto menandatangani Model Release tersebut..


Apakah Model Release itu hanya untuk Foto Model ?
Tidak! bukan cuma foto model yang perlu model release. Buat Teman Teman yang suka sama human interest sebaiknya menggunakan Model Release agar foto karyanya bisa di publikasi tanpa mengalami masalah hukum..


Apakah model Release hanya berguna jika fotonya mau di publikasi?
Kalau misalnya fotonya cuma ditaruh hardisk, sepertinya model release tidak diperlukan, Tapi jika untuk pameran, lomba, ataupun komersial, model release sangat diperlukan. Ingat kasus jaman dulu? Sebuah Perusahaan Komunikasi, dimana Perusahaan itu menggunakan foto karyawannya untuk iklan dan kartu telponnya. Perusahaan itu akhirnya harus membayar tuntutan dari model bekas karyawannya yang fotonya digunakan untuk iklan tersebut. Masih banyak juga kasus yang terjadi akibat tidak digunakannya Model Release tersebut.


Apakah fotografer harus membayar agar model/objek menandatangani Model Release?
Jawabnya Tergantung. tergantung dari negosiasi kita. Jika untuk model yang dibayar, kita tentunya harus membicarakan dari awal untuk apa foto yang kita buat dan penggunaannya kelak. Modelpun wajib menandatangani model release karena kita sudah memberikan mereka kompensasi.

Sedangkan untuk foto2 yang kita ambil secara iseng (misalnya street hunting) gak ada salahnya kita basa basi dengan sang objek... Negosiasi dengan komunikasi yang baik bisa membuat objek foto bersedia menandatangani model release.


Kalau misalnya kita ikuta acara hunting apakah kita masih perlu Model Release?
Umumnya kalau untuk acara hunting komersial seperti yang sering diadakan teman teman di FN, foto foto masih bisa digunakan untuk portofolio, tapi kalau misalnya kita bisa meminta model menandatangani form Model Release, maka kemungkinan kita menggunakan foto itu untuk keperluan komersial atau lainnya akan terbuka. Tapi ingat, kalau untuk kepentingan komersial bukan saja Model Release dari model, melainkan juga izin dari lokasi, dan sebagainya diperlukan untuk menghindari hal hal yang tidak enak dikemudian hari..


_________________________

Mungkin kalau ada teman-teman yang mau menambahkan...



gambar, contoh model release dalam bahasa inggris..

Belum ada komentar