[sharing] Berapa persenkah kadar olah digital pada foto makro yang Anda upload?

Oleh:  Eli Supriyatno (94527)    14 tahun yang lalu

  0 

Salam hangat selalu,

Langsung maupun tidak langsung, proses digitalisasi pada sebuah foto selalu terjadi dalam kadar yang berbeda-beda. Ada yang memang menyukai natural dan cukup me-resize sebagai syarat upload foto. Namun ada juga yang perlu diolah lagi karena keterbatasan kualitas foto dan ditujukan agar foto tersebut menarik member untuk melayangkan komentarnya ataupun sekedar mengundang ke galeri. Terkadang olah digital juga diperlukan agar tampilannya tidak membosankan.

Fotografer.net [FN] memberikan kebebasan buat member untuk memberikan sentuhan olah digital dengan tujuan agar foto menjadi lebih menarik. Kadar olah digitalnyapun diserahkan sepenuhnya kepada member. Sebagai gambaran, kadar olah digital yang dimaksud adalah:

1. Kadar rendah, artinya hanya memperbaiki saturasi, warna maupun lightingnya. Olah digital ini diwakili oleh fasilitas: hue & saturation, level, color balance, blending mode, kolase tanpa sambungan, dsb.
2. Kadar sedang, artinya tidak hanya memperbaiki saturasi, warna maupun lighting, tetapi juga sudah pada tataran perubahan foto asli, meski tidak keseluruhan. Olah digital ini diwakili oleh plugin-plugin Photoshop seperti Topaz, Flood, LucisArt, Fractalius Effect, Ratataoule dsb.
3. Kadar tinggi, artinya olah digital yang sudah pada perubahan foto asli secara frontal. Olah digital ini diwakili oleh teknik kolase tersambung, montase, remask dsb.

(Kalau ada kesalahan pengkategorian saya minta maaf).

Dari semua yang saya sampaikan di atas, ada beberapa hal yang perlu kita sharingkan, yaitu:

1. Menurut Anda, lebih senang natural atau olah digital?
2. Kalau memilih olah digital, seberapa persenkah kadar olah digital yang anda lakukan pra upload?

Thread ini hanya sekedar sharing untuk mengetahui pangsa pasar foto makro demi mendorong terciptanya lapangan kerja bagi fotografer makro.

Kurang lebihnya demikian thread ini saya buat dan mohon maaf kepada admin maupun member yang terhormat jikalau ada yang pernah mendiskusikan materi ini.

Salam hangat selalu. Tukang potret pocketer

Belum ada komentar