bagaimana cara buka iris/diafragma lensa nikon yg direverse?

Oleh: Andi Novianto (1075)    14 tahun yang lalu

  0 

Saya ingin bertanya bagaimana cara membuka diafragma lensa nikon? Kasusnya spt misalnya : reverse lense. Lensa2 nikon yg pernah saya cek -> 105 vr dan tamron 17-55tamron for nikon. Lensa jika dilepas dari body maka diafragma akan menutup otomatis. Jika di pakai reverse maka diafragma akan tetap munutup. Bagaimana cara set diafragma pada bukaan tertentu ?
Untuk kasus canon saya pernah baca di forum, trik nya dengan menekan dof preview lalu mencabut/lepas lensa pada saat kamera masih on. Maka f lensa akan tetap bertahan di setingan diafragma terakhir seblm lensa dilepas. Saya mencoba cara ini dan ternyata tidak mempan di nikon. Bagaimana caranya ya ? ada tips atau saran?

Paling mentok, kalo di reverse lens, bisa manual tahan pake jari (karena letak tuas berada di depan dapat diakses degan jari). Tapi gimana kalau dipasang di bellow yg tdk memiliki elemen elektronik/kontak (tidak bisa mengirim informasi diafragma ke lensa) ? pada saat lensa dimounting di bellow ini, tuas buka/tutup diafragma tidak terjangkau tangan.

Mohon bantuan.

Belum ada komentar