Shuter Release Murah Meriah [ Menggunakan Mouse Rusak ]

Oleh: Muhammad Arrozi (1342)    14 tahun yang lalu

  0 

Mohon maaf jika ada rekan-rekan yang pernah membahas masalah ini, sejujurnya ini adalah hasil “membajak” dari forum sebelah. Walaupun membajak, ini merupakan penjelasan yang detail dan simpel, agar rekan-rekan lebih mudah mempraktekannya.
Bahan yang diperlukan adalah :
1. Mouse rusak
2. Jack audio stereo ukuran 2,5” ( lebih kecil dari ukuran standar yang biasa dipakai untuk headset / earphone )
Alat yang perlu dipersiapkan :
1. Obeng
2. Solder + tenol
3. Gunting

Langkah pengerjaan :
1. Bongkar Mouse, buka mouse dengan cara membuka baut yang ada dibawah stiker garansi (biasanya). Perhatikan letak komponen di dalam mouse, jangan sampai lupa (kalau perlu difoto sebelum pembongkaran lebih lanjut).
2. Lepaskan PCB mouse dari rangkaian, potong seluruh kabel ( biasanya ada empat warna ).
3. Balik PCB, kabel yang kita pakai hanya 3 bagian. Lihat rangkaian alur pada PCB, kita hanya akan menggunakan dua sakelar pada rangkaian ini ( yaitu klik kanan dan klik kiri nya mouse (perhatikan lingkaran merah pada gambar) ).
4. Rusak jalur diluar rangkaian yang kita butuhkan ( dikhawatirkan akan terhubung ke terminal yang lain yang dapat mengakibatkan konsleting ). ( Perhatikan tanda panah kuning )
5. Cek jalur yang yang memiliki hubungan langsung antar sakelar (antara klik kanan dan kiri). Dalam gambar dicontohkan pada garis putus-putus warna merah. Jalur ini akan kita gunakan sebagai titik ground pada kamera kita.
6. Pastikan tidak ada jalur yang berhubungan langsung selain ground. Pasang ketiga kabel pada titik yang ada, 1 titik pada saklar klik kanan, 1 Titik pada saklar klik kiri, dan satu titik sebagai ground (bebas dipasang pada saklar klik kiri atau saklar klik kanan, toh titik ini memiliki 1 jalur) jika ground tidak memiliki jalur yang sama, maka kedua titik harus dihubungkan dengan kabel agar memiliki 1 jalur yang sama. Rangkaian pada PCB sudah selesai.
7. Rangkaian pada jack 2,5”. Pertama-tama potong ujung kabel mouse, untuk diganti dengan jack 2,5”.
8. Kupas 3 kabel yang warnanya sama pada rangkaian PCB. Masukkan bodi jack pada kabel (biar gak lupa).
9. Pasang kabel Ground pada bagian tengah jack (bagian paling besar) kemudian 2 kabel yang lain pada 2 sisi yang ada disekitarnya. ( Terbalik tidak masalah, karena hanya akan berpengaruh pada tombol shuter dan setengah shuter saja / akan berada diklik kanan atau klik kiri saja ). Pemasangan kabel sebaiknya disolder.






Sebelum dirangkai kembali semua komponen, coba shuter release ini dahulu, jika sesuai / benar, maka tombol klik kanan dan klik kiri memiliki fungsi yang berbeda. Satu tombol akan berfungsi sebagai tombol eksekusi, dan tombol yang lain berfungsi sebagai tumbol yang fungsinya sama dengan saat kita menekan tombol shuter setengah.
Jika berhasil, rangkai kembali mouse dan jacknya, dan kabel shoter release siap digunakan. Jika belum berhasil cek kembali jalur yang ada. kemungkinan terjadi salah memasang kabel.

*) catatan : Penulis sudah mencoba membuat dan berhasil digunakan pada kamera Canon 1000D milik penulis, jika pada uji coba ini ada kerusakan pada kamera anda, tanggung jawab sepenuhnya ada pada diri anda. Biaya yang dihabiskan untuk membuat Shuter Release ini adalah sekitar Rp. 6.000,- ( mouse rusak tidak dihitung ).Tulisan ini hanya sekedar sharing pengalaman saja. Selamat mencoba. [arrozidesign]

Belum ada komentar