Revese 24mm + lensa macro, Brp persen penurunan kualitas yg harus dikorbankan ? butuh perbesaran extreme 3x-10x

Oleh: Andi Novianto (1075)    14 tahun yang lalu

  0 

Halo , saya baru membeli lensa fix untuk di reverse. Saya liat di internet ada yg coba lensa macro di tempel dgn reverse 50mm. Karena selama ini yg saya sering dengar/baca adalah lensa tele + reverse 50. Nah yg saya mau coba ini lensa macro... pgn perbesaran lebih.. jadi mau coba tambah reverse 50 atau 24. Ada gak yg pernah coba compare combo reverse 24 vs 50 ditempel ke macro lens ? 24 kalo gak salah sih ... bisa sampai 10x ??, sedangkan 50mm bisa sampai 3x. Dengan perbesaran mencapai 10x (24mm) berapa parahkan penurunan kualitas yg harus dikorbankan untuk perbesaran spt itu? Kalo ada yg pernah coba mungkin bisa share hasilnya? Kalo hasilnya 'gak layak' dilihat , percuma jg beli 24mm.

Option yg lebih murah pake diopter/closeup filter (Hoya kalo gak salah sekitar 600 ribuan yg 1 set, ada jg merek lain mungkin 200/300 ribuan). Bagi yg pernah membandingkan head to head untuk perbesaran yg sama, mungkin bisa share quality reduction mana yg lebih atau mana yg paling recommended :
closeup filter vs reverse vs teleconverter UNTUK PERBESARAN DI ATAS 3X (target saya antara 3x sampai 10x) ?? kualitas yg dimaksud di sini adalah dr sisi ketajaman saja dengan mengabaikan faktor lain(distori,vignete dll). Sebenarnya lebih prefer ke teleconverter sih karena fokus nya gak perlu sampai nempel ke lensa... ada saran masukan?


Saya dirumah baru punya kenko ext tub. Penambahan perbesaran dgn memasang 1 set (3 tubes) sekaligus + lensa macro , adalah sebesar hanya max 2x dibandingkan lensa macro tanpa ext tube. Trus saya mau test yg lebih extreme sedikit :D --> macro lens+ext tube+(pilihan antara closeupfilter/reverse/tele) ... Jelas akan banyak penurunan kualitas sih ... Ada gak solusi diatas 3x yg gak turun quality nya? ... kok nikon gak ngeluarin yg lensa versi macro 5x spt canon MP ya , Masa harus beli kamera 280 megapixel :p hehehe


thanx

Belum ada komentar