[Mohon Saran] Mungkinkah Membuat 'Developing Pipe'?

Oleh: Arif Rahman (1106)    14 tahun yang lalu

  0 

Permisi semuanya, saya izin buat topik lagi. Sebelumnya, sejauh saya tahan mencari, belum ada topik seperti yang akan saya buat ini. :)

Saya punya ide, feasible atau tidak saya ingin tanyakan di sini, karena memang belum pernah coba develop sendiri. Ide dasarnya adalah membuat wadah untuk mengembangkan film (negatif) hitam-putih dengan semurah-murahnya bahan yang bisa didapat dari sekitar saya.

Yang muncul di kepala saya adalah membuat susunan pipa (gambar terlampir) yang dibuat sedemikian hingga cahaya tidak bisa memasuki pipa tersebut.

Saya sadar, satu gulung film 135 setidaknya bisa sepanjang 1,4 meter. Untuk penggulung (reel) yang saya pernah baca, dibuat supaya ada jarak di tiap gulungan. Kalau menggunakan pipa, jadi diperlukan setidaknya dua batang pipa sepanjang satu meter karena nggak memungkinkan dibuat spasi seperti itu.

Dari pengukuran saya yang nggak teliti, lebar film 135 (antar perforasi/lubangan) adalah 35 mm, sehingga dibutuhkan pipa berdiameter 1,5 inci (38 mm). Diameternya dibuat mepet untuk mengirit larutan (saya rasa begitu).

Hasilnya menurut dugaan saya akan jadi panjang (tinggi kalau diberdirikan), sehingga untuk memasukkan filmnya akan dimulai dari film leader yang diberi beban (jepit kertas kecil), kemudian pipa diberdirikan, dan film beserta pemberat dibiarkan jatuh mengikuti gravitasi untuk menarik sisa film (dilakukan di ruangan yang gelap).

Nantinya, larutan bisa dialirkan melalui segmen pipa yang bengkok (knee/elbow). Knee/elbow ini diharapkan dapat berperan sekaligus sebagai 'light trap' karena cahaya diasumsikan merambat lurus. Knee/elbow juga dapat dilepaskan untuk nantinya memudahkan pemasukan/pengeluaran film.

Saat ini ide masih di kertas saya, tetapi terus terang sepertinya ini bisa lebih murah dari developing tank (meskipun terbatas hanya satu film sekali mengembangkan). Selain itu, karena domisili dan daerah operasi saya cukup jauh dari Ps Baru dan tidak ada kendaraan pribadi kecuali sepeda, maka untuk membeli DT sepertinya lebih efisien untuk saya (dan lebih terasa tentunya;) ) .

Dengan ini pula, saya meminta untuk anda yang lebih dahulu berpengalaman 'mencuci' sendiri filmnya, apakah kira-kira ide saya ini memungkinkan untuk dibuat? Saran-saran dan komentarnya sangat saya hargai.

Terima kasih,
Arif NB: Maaf karena gambarnya jelek. ^:)^

Belum ada komentar