Sharing Lokasi Hunting Foto Hidupan Liar di Sekitar Jakarta

Oleh:  Bernard T. Wahyu Wiryanta (4252)    14 tahun yang lalu

  0 

Sekedar berbagi buat teman-teman yang minat sama fotografi hidupan liar. Mencoba membuat daftar beberapa tempat yang bisa dijadikan lokasi hunting hidupan liar di dekat-dekat Jakarta. Hingga tidak usah jauh-jauh ke belantara Borneo atau ke pedalaman Wallacea dan Cellebes untuk ‘mencoba’ foto hidupan liar.

Hanya saja perlu diingat, foto hidupan liar tidak hanya melulu soal satwa liar yang buas, makro serangga, foto anggrek yang cantik, dan foto tanaman pemakan serangga pun juga masuk dalam kategori ini. Berikut ini adalah daftarnya yang bisa dikembangkan bersama-sama.

Semoga berkenan.

1. Suaka Margasatwa Muara Angke (beberapa jenis spesies burung air, serangga, kera ekor panjang, tanaman nipah, rawa bakau) Memotret disini bisa dilakukan dengan menyewa perahu untuk masuk ke rawa bakau dan nipah.
2. Suaka Margasatwa Pulau Rambut (Puluhan spesies burung air, serangga, landscape pantai dan rawa bakau, human interest)
3. Pulau Kotok di Kepulauan Seribu (obyek menarik utamanya adalah elang bondol dan burung gagak), ada puluhan burung elang jawa yang bisa di tangkap dengan lensa tele minimal 200 mm di pulau ini.
4. Taman Nasional Kepulauan Seribu. Obyek utamanya tentu saja terumbu karang dan ikan yang harus diambil dengan menyelam.
5. Hutan Sukamantri, Bogor. Obyeknya adalah katak, hutan hujan tropis, serangga, kupu, anggrek, begonia, dan tanaman lain serta obyek utamanya adalah Elang Jawa.
6. Hutan Curug Nangka, Bogor. Obyek utamanya adalah Elang Jawa dan hutan hujan tropis dengan katak dan anggrek serta tanaman khas gunung salak.
7. Hutan Telaga Warna Puncak. Obyek utamanya adalah Elang Jawa. Obyek lainnya adalah hutan hujan tropis dengan puluhan spesies anggrek dan begonia serta landscape telaga warna, tupai, katak serasah, burung kicau, dan pakis.
8. Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango. Obyek utamanya tentu saja lansdcape Taman Nasional beserta puluhan spesies anggrek, burung, tanaman kantong semar/pitcher plant, primata, dan edelweis serta cantigi dan bunga rododendron.

Silahkan bagi teman-teman yang punya informasi lain ditambahkan


Salam Wildlife

Belum ada komentar