[Cari] Developing Tank & Reel di Jakarta

Oleh: Arif Rahman (1106)    14 tahun yang lalu

  0 

Dear all,

Begini. Saya baru 'terjun' ke fotografi. Modalnya cuma kamera dan lensa 'warisan' ayah. Alhamdulillah, kemarin ada rejeki akhirnya bisa nambah satu lagi lensa. Kalau belajarnya, lebih banyak sendiri dari FN dan berbagai artikel di internet.

Oke, langsung ke pokok perkara ya. Saya selama ini mencuci film pada sebuah lab di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Tetapi, setelah membaca-baca berbagai artikel, kendali dari pengembangan film hitam putih itu bisa dipegang oleh sang fotografer sendiri.

Tadinya saya berpikir mau membuat sendiri Tank dan Reel-nya, tetapi setelah membaca lagi, rasanya lebih sulit mendapat bahan-bahan dan usaha untuk membuat tank dan reel tsb (supaya kedap cahaya) daripada mencari yang sudah jadi.

Saya pernah dengar tentang Capa, maupun Aneka Foto (kalau tidak salah di daerah Pasar Baru), tapi terus terang saya tidak tahu di bagian mananya Pasar Baru kedua toko tsb. Jujur saya buta daerah sana.

Pertanyaan saya, apakah toko-toko tsb masih menjual perlengkapan & peralatan untuk pengembangan film hitam putih? Bila ya, bisakah saya minta petunjuk kira-kira di manakah toko-toko yang dimaksud?

Terima kasih banyak. :)

Belum ada komentar