(Sharing) Mabul Island, Sabah

Oleh:  Erik Estrada (89424)    15 tahun yang lalu

  0 

Pulau Mabul adalah pulau kecil di Perairan Sabah, Malaysia. Sekitar 45 menit dari Semporna. Pulau ini tidak begitu besar, hanya butuh sekitar 1 jam untuk mengelilinginya.
Pulau Mabul dikenal juga sebagai saudara Pulau Sipadan. Banyak site diving yang cantik di Pulau Mabul. Maka dari itu tak heran bila ada beberapa resort juga di sana. Apalagi setelah diberlakukan aturan bahwa di Pulau Sipadan tidak diperbolehkan lagi bermalam di sana. Pulau ini cukup dekat dengan Pulau Sipadan, sekitar 30-40 menit saja. Dan sering juga menjadi persinggahan.
Di pulau ini ada juga penduduk migran dari Philipina, Malaysia dan juga Bajau. Pulau ini terbagi oleh beberapa resort, yang saya ketahui ada 3 resort yang sangat besar dan sekitar 2 penginapan kelas backpacker. Kebetulan saya menginap di tempat Uncle Chang....(kelas backpacker :p)
Perkampungannya pun terbagi 2, pertama : kampung orang Bajau yang didiami sebagian besar orang Bajau dan beberapa imigran Philipina dan beberapa orang Malaysia, kedua : kampung yang didiami oleh imigran Philipina.Keadaan ini sangat kontras dengan ke-3 resort yang sangat "wah" itu.
Mata pencaharian mereka sebagian besar sebagai nelayan, ada juga yang membuat kerajinan dari kerang dan karang dll. Sebagian dari mereka bekerja di resort.
Dua tahun lalu saya berkesempatan ke Pulau Mabul. Dan inilah beberapa yang bisa saya bagi, kebanyakan adalah orang Bajau pantai dan para imigran.
Semoga berkenan..

Belum ada komentar