(Mohon Pencerahan) Motret Film BW dan Proses Film BW

Oleh:  Benny Hamonangan (13171)    15 tahun yang lalu

  0 

Allow, teman2 pecinta film Black n White.
Saat ini saya sedang konsentrasi di film BW tetapi hingga saat ini saya msh merasa bahwa hasil belum baik meliputi cara motret dan proses film BW.
Oleh karena itu, saya mencoba membuat tread ini dengan harapan saya mendapatkan pencerahan dari teman-teman yang telah berpengalaman dalam memotret dan memproses film BW. Sudah banyak link yang saya dapatkan dari internet ttg hal ini namun saya kesulitan melaksanakannya selain kemampuan bahasa english saya yg jelek;))
Di bawah ini saya lampirkan 23 buah poto yang telah saya proses dengan teknis:

  • 1. Kamera Nikon F80
    2. Lensa Nikkor 28-100mm f/3,5-5,6G
    3. Metering: MATRIX
    3. Film Lucky SHD 100
    4. Mode: AUTO
    5. Developer: Minigrain
    6. Fixer: Acid Fixer

Untuk waktu proses selama 8 menit 20C dengan 10 detik pertama agitasi rotasi dan 50 detik di diamkan (maaf,,klo bahasa kurang enak..:D) kemudian 1menit agitasi rotasi kontinu dan 1 menit kemudian di diamkan. Setelah 3 menit di atas lalu 30 detik agitasi kontinu dengan di barengi agitasi invers 4 detik (1x inverst 2 detik pada detik ke 20-24)dan kemudian di diamkan selama 30 detik sampai 6 menit develop.
Saya menggunakan air pennganti stop bath dengan agiatsi rotasi kontinu selama 5 menit suhu air 20C
Fixer selama 5 menit suhu 20C dengan agitasi rotasi kontinu dan terakhir menggunakan air dengan suhu 20C selama 30 menit. Untuk yang terakhir ada beberapa detik di diamkan krn tangan g kuat melakukan agitasi kontibu rotasi selama 30 menit..:D Untuk scan, saya menggunakan Canoscan 4400f di mana mode yang diaktifkan hanya Unsharp mask dengan resolusi 9600 dpi
dari hasil proses ini, untuk sementara kesimpulannya:
  • 1. Shadow sebagian tidak terlihat.
    2. Sulit membedakan mana midtone dan highlight
    3. Tampak tidak tajam

Teman-teman, tolong pencerahannya...^:)^
Salam
- Benny Hamonangan -
Belum ada komentar