Penjelasan Konsep - Teknis foto ' Menuju Kedamaian',nominee lomba foto bulan Desember

Oleh:  IB Putra Adnyana (83899)    16 tahun yang lalu

  0 

Sesuai dengan ketentuan lomba, setiap foto yang terpilih sebagai nomitor harus membuat keterangan dan konsep foto. ‘Menuju Kedamaian‘ adalah foto yang terpilih sebagai nominasi untuk bulan Desember dengan tema ‘Damai Natal’

Untuk mendapatkan karya utuh dalam sebuah foto yang dapat mengikuti tema ‘Damai Natal’ cukup sulit bagi saya. Sehingga untuk itu dibuat foto montase. Antara lain diambil dari foto stok yang saya miliki, seperti foto burung merpati, bulan dan langit. Sedangkan foto tembok
dan bentuk salib adalah foto baru.

Foto bentuk salib merupakan susunan batu bata yang difoto di atas kertas. Foto tembok saya perlukan adalah teksturnya yang akan digunakan sebagai background. Pada masing - masing foto dilakukan croping dengan menggunakan polygonal lasso tool, untuk membuang background atau mengambil bagian yang dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Layer kedua dan ketiga adalah bentuk salib ( batu bata) dan langit sesuai dengan bentuk salib. Layer keempat bentuk bulan tanpa background, dilakukan masking supaya posisi bulan dapat diletakan dibalik sudut batu bata bagian kanan atas. Layer terkahir adalah foto sepasang merpati (tanpa background) yang diletakan saling berhadapan. Burn tool digunakan di beberapa bagian tembok setelah foto di-flatten agar demensinya lebih terasa.

Konsep foto:

Dalam pemilihan elemen foto mungkin tergantung pada subyektivitas atau penafsiran kita tentang tema. Dalam mengikuti lomba bulan Desember dengan tema ‘Damai Natal’, beberapa elemen foto disatukan. Tembok dengan lubang berbentuk salib, sesuai dengan ciri khas Natal. Tembok dapat dibayangkan sebagai pembatas antara ‘kenyataan’ yang ada, sedangkan langit dan bulan adalah tentang ‘keinginan’ yang bersifat ideal. Kenyataan yang ada di bumi seperti sering kita lihat dipemberitaan tentang kerusuhan, perang dan terorisme diberbagai belahan dunia. Sedangkan mungkin banyak insan dunia berharap tentang kedamaian (keinginan ideal). Untuk memperkuat ‘keinginan ideal’ saya sertakan 2 burung merpati sebagai ikon perdamian.

Semoga keterangan ini dapat menjelaskan tentang konsep foto saya yang berjudul ‘Menuju Kedamaian’. Baik secara teknis (digital) maupun secara ide sebelum pemotretan dilakukan. Saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang telah memberi saran dan komentar. Dan juga kepada juri yang telah meluangkan waktu selama setahun dalam lomba foto bulanan. Semua ini kita dedikasikan untuk perkembangan fotografi di Indonesia.
Belum ada komentar