Penjelasan Foto [ AKI ] Nominasi Lomba Bulan November 2007 Dengan Thema : Serasi .

Oleh:  Alfend Elias (19848)    16 tahun yang lalu

  0 

Hai FNers,

Sebagai ketentuan tambahan peraturan pemenang, pada lomba foto bulanan,tertera pada pasal 18, ayat C. Dimana setiap pemenang untuk menjelaskan proses pembuatan foto secara detail, mudah dipahami dan wajar. Maka dari itu, saya mencoba menjelaskan dari ide sampai penyajian, foto berjudul [ AKI ] .


Idea

Saat itu 10 November 2007, Musim Gugur.
Dimana 90 % dedaunan yang hijau mulai berubah warna menjadi kuning, Merah dan Orange. Perubahan warna itu ( autumn tint ) ini di Japan disebut: Kouyou 紅葉.
Waktu menunjukan pukul 14:15, Setelah lelahnya cycling beberapa putaran , Saya merapatkan sepeda kesebuah pohon, break beberapa saat.
Berjalan disekitar tepi danau,Menginjak setumpukan dedaunan yang berwarna-warni. Lalu berpikiran mengambil dua daun yang berwarna merah merah dan kuning lalu memindahkan-nya ke air, tepi danau sambil duduk, minum air dan melihat ke-dua daun tersebut. Ohh..serasi sekali bukan kedua daun itu.

Teknik Pengambilan
  • Camera Pocket Canon PS A410.
  • Setting camera ke Manual, ISO Speed: 200 ( ini ISO Maximum pada pocket Canon PS A410 ), Flash Off Mode.
  • Objek Kedua daun, taruh di air,penempatannya sesuaikan dengan daya jangkau lensa.
  • Untuk Lighting saat itu, pilih tempat yang pencahayaan memadai dr sinar matahari.
    Karena saat itu, Pukul 14: 38.Matahari sudah berada di sebelah Timur, jadi Saya memilih untuk mendepani Matahari, Posisi Saya di Barat- Matahari di sebelah Timur- dan Objek berada di antara saya dan Matahari. Belakang saya ( Barat ) Pepohonan Besar.
  • Untuk effect freezing, air ditimpuk dengan Donguri (biji pohon ek ), ini alternatif karena saat itu disekitar saya tdk melihat batu kecil :D .( Lihat beberapa dongori-donguri yang saya timpukan kedalam air )
  • Saat mau melakukan Eksekusi,Posisi Tubuh Jongkok, kedua tangan harus aktif,Tangan kiri menimpuk air dengan Donguri danTangan kanan siap2 menekan shutter ( saat itu tdk memakai Tripod karena tujuan waktu itu hanya Cycling, untuk solusinya camera saya tekan ke Lutut, untuk mengurangi goyangan )
  • Eksekusi total 20 Frame.
Teknik Digital
  • By Software: Adobe Photoshop 7.0
  • Adjust Level, Contrast dan colour, Resize, dan water mark.


Demikianlah penjelasan dari saya, semoga bisa dimengerti. maaf dan beribu maaf kalau ada yang salah. Semua saran, kritik dan respon dari semua teman2 FNers saya tunggu. Dan terima Kasih untuk teman-teman yang telah memberikan semangat dan komentar dibeberapa foto saya.
Thanks a Million All >:D
Belum ada komentar