(sharing) Berusaha Tetap Bertahan

Oleh:  Putu Sayoga (17422)    16 tahun yang lalu

  0 

Berusaha Tetap Bertahan

"Indonesia adalah Negara Agraris"

Tentunya kita tidak akan merasa asing dengan jargon omdo (omong doang) tersebut. bagaimana tidak omdo jika saat ini perhatian kepada petani sangat kecil sekali. Harga pupuk meningkat tajam, sementara keuntungan yang diperoleh dari pertanian mereka sangatlah kecil bahkan
lebih sering merugi sehingga tidak heran jika petani banyak yang masih miskin.Hal inilah yang menyebabkan sekarang ini banyak petani gulung tikar dengan memilih berurbanisasi ke kota untuk mencari pekerjaan yang lebih menguntungkan. Lama-kelamaan petani mungkin akan hangus hilang ditelan bumi di negara agraris ini karena semua gulung tikar. sebagai bukti di kampung saya di daerah Tabanan Bali angkatan petani saat ini adalah yang berumur 50 tahun keatas sementara 50 tahun kebawah hanya sebagian kecil saja yang berprofesi sebagai Petani. Ini tentu merupakan sebuah an irrasional truth, sebuah ironi bagi negara yang mengaku sebagai negara agraris.

Untuk membangun empati kita saat ini, Sekedar sharing Foto-foto dari petani bawang di Parangtritis Yogyakarta yang berusaha tetap bertahan. Berusaha tetap bertahan dari segala himpitan kesulitan yang dihadapi seperti harga pupuk dan obat pengendali hama yang mahal, harga jual yang cenderung rendah, dan air yang sulit sehingga mereka menggunakan sumur bor yang untuk menaikkannya diperlukan bensin sebagain bahan bakar genset. muncul sebuah pertanyaan sampai kapankah mereka akan berusaha tetap bertahan?

Belum ada komentar