market untuk makro

Oleh: Nugroho Budianggoro (1027)    16 tahun yang lalu

  0 

Permisi, saya mau tanya: permintaan (demand) untuk foto makro itu besar ga ya? dari mana aja?
In berlanjut ke pertanyaan selanjutnya: Mungkin ga sih fotografer makro hidup dari hasil foto makronya?
(karena saya minat ke serangga, mungkin saya banyak bias ke serangga ya)

Pertama, yang saya tau, foto makro itu dipajang di majalah semacam National Geographic. Foto makro dipajang di situs agen semacam mindenpictures.com, terus suka dipake buat ilustrasi buku. Mungkin dipajang di museum atau pajangan dinding(?). Itu yang saya tau. Yang saya ga tau, permintaan itu signifikan ga buat hidup? Dunia, khususnya Indonesia, perlu berapa banyak fotografer makro yang profesional ya?

Fotografer makro terkenal dari luar yang saya tau itu Mark Moffett (NGM), Alex Wild (myrmecos.net, peneliti semut), Mark Plonsky. Setau saya mereka ga ada yang pure fotografer makro. Moffett tuh lecturer di Harvard (neliti semut :) juga), Alex Wild kalo ga salah lagi postdoc, Mark Plonsky dosen psikologi.
Kalo di dalam negeri saya sama sekali ga tau, tapi kalo diliat dari situs FN, kayaknya ga juga (meskipun fotonya bagus2) dan lebih ke hobbyist. Sekarang gimana, apa disarankan (recommendable) untuk bergantung pada bidang ini? Ada harapan ga? Atau ngga? Dan sebaiknya jadi hobbyist aja?
Ini bukan berarti saya mata duitan yah. Cuma bikin foto makro kan perlu investasi besar juga. Kalo emang ga menghasilkan ya mending sumber dayanya dipake buat yang menghasilkan dulu.

Mmm... Sebenernya saya dulu sempet nanya Alex Wild dan ini jawabannya (semoga bermanfaat buat pembaca):

Hi Nugi.
The economic prospect of ant photography is not great. The money to be made is mostly with writing. The only person I know who succeeds at it professionally- Mark Moffett- does so by spending most of his time writing articles that accompany his photographs and selling them together as a package to magazines.
If you're lucky you'll be able to pay for the cost of your equipment. Which is no small thing, of course. But you won't be able to do any serious photography with the Coolpix. You'll cover costs if you market yourself well, but otherwise expect to lay down at least $2500 dollars for a decent SLR set-up if you expect editors to like your images. That's just my limited experience. I get requests from editors for photos a few times a month, and it generates a small income (perhaps and extra $200- 300/month). To do more than that will require some writing skills.

(btw fotografi insect secara umum pasti lebih untung dari ant photography)<br
Mungkin bisa dibilang saya samar-samar dapat menjawab pertanyaan saya sendiri, tapi saya perlu pendapat rekan2 FN yang notabene banyak yang lebih berpengalaman. Kalo memang misalnya ada harapan, ya mungkin besok saya langsung rajin hunting deh bikin portfolio serangga kampus :P.

Maaf kalo bikin bingung. Terima kasih sebelumnya.

Belum ada komentar