Penjelasan foto "Misty Morning Merapi", Lomba Foto Bulanan Tema ; Landscape Hitam Putih

Oleh:  M. Jeffry Hanafiah (4833)    16 tahun yang lalu

  0 

Konsep
saat itu kepikiran ingin membuat foto yang menampilkan kontra alam yang mungkin jarang kita temui.
Bagaiman jika “keindahan alam” bertemu dengan “kemurkaan alam”…???
Hmm.. sepertinya menarik… mumpung merapi sedang mengamuk..;)

Proses Pengambilan Foto
Untuk merealisasikan foto Merapi yang terkesan indah, sejuk, tapi tetap sangar dan dramatis.. pemotretan dilakukan pada pagi hari, dengan harapan bisa dapat:
1. kabut pagi yang menyelimuti daerah sekitar merapi.
2. awan panas (wedhus Gembel) yang sedang keluar dari mulut sang merapi.

faktor non-teknis :
Pertama, nemuin lokasi yang sangat memadai (tak sengaja; buah dari mengikuti sebuah mobil yang membawa “camera-man” reuters asal singapura).
Ke-dua, pagi itu (sekitar 2 jam dilokasi) paling tidak ada sekitar 8x sang merapi memuntahkan awan panas. ini jarang terjadi.
Ke-tiga, angin berhembus tak terlalu kencang. = ini yang menyebabkan awan panas berwarna hitam yang keluar berkali-kali dari mulut merapi bisa terkumpul pada bagian langit.
Ke-empat, kabut di sekitar merapi masih tetap keliatan walau mulai menipis. padahal sudah cukup pagi, dan sinar matahari (yang datang dari kanan) juga sudah mulai keras.

Secara teknis…, tak ada yang sepesial, Peralatanpun seadanya. yang sedikit menyulitkan hanya pada kontrol lightingnya saja (=mencari titik yang saya anggap paling tepat untuk mengukur lighting). kontras cahayanya cukup merepotkan saat itu. Titik yang saya pakai untuk matering ada disekitar gradasi terang-ke-gelap pada bagian awan panas.
Setelah matering di-LOCK, focusing, composing, and than…jepret..

data teknis… ; Canon EOS 300D, Sigma 24-70mm f/2.8 EX DG Macro (FL:52mm) f-number: f/7.1, Exposure Time: 1/400s, ISO speed rating:100, Aperture Priority, Auto White Balance, JPEG format.
Date / Time : 18-06-2006 / 06:46:30 am

Proses Pengolahan Foto
1. foto asli terasa terlalu gelap pada beberapa bagian. dan kontras cahayanya tidak sedap. foto asli saya blending menggunakan layer berwarna putih polos. Blending mode saya pilih softlight. Opacity 80% & fill 80%.
Hasil blending ini semakin memperjelas kabut pagi pada foreground. Sementara pada bagian yang semula gelap, menjadi tidak terlalu gelap.
pada bagian yang semula sudah pas akan menjadi over, bagian ini saya hapus secara perlahan menggunakan erase tool sampai enak dilihat.
Kemudian merge down.

2. untuk mempertajam foto, duplicate layer – kemudian saya gunakan filter – saharpen – unsharpmask ( amount: 100%, radius: 1.5 pixel, threshold: 2 level ). Pada bagian yang terlalu tajem saya hapus secara perlahan menggunakan erase tool sampai enak dilihat.
Kemudian merge down.

3. selanjutnya foto saya convert ke BW. cara yang selalu saya pakai untuk meng-convert foto warna menjadi BW yaitu dengan mematikan saturasi foto. Image – Adjusment – Hue/saturation :
pada bagian master diamkan saja pada posisi semula. Pengerjaan hanya dilakukan pada seluruh chanel warna yang ada.
HUE pada setiap chanel warna tetap pada posisi semula = 0,
SATURATION pada setiap chanel warna saya ubah ke -100.
erubahan beragam saya lakukan pada bagian Lightness di setiap chanel warna, sampai ketemu yang paling enak.

4. selanjutnya saya gunakan burn tool untuk Burning di beberapa tempat yang ingin saya gelap-kan, dan dodge tool untuk dodging dibeberapa tempat yang saya ingin lebih terang.
Namun sebelumnya saya naikkan terlebih dahulu contrast, tujuannya sebagai panduan awal agar lighting asli dari foto ini tetap terjaga.

5. agar dimensi foto semakin menarik, duplicate layer, ubah blending mode ke softlight.

6. selanjutnya saya men-set brightness & contrast, dan level (satu-per-satu-per-bagian foto) dengan cara menseleksi bagian-bagian yang ingin saya ubah, sebagai contoh ;
pada bagian foreground, pada bagian kiri gunung, pada bagian langit, pada bagian awan.

7. selanjutnya saya men-set brightness & contrast, dan level (secara menyeluruh) sampai foto enak di lihat.

8. sebelum upload.., crop dikit bagian atas


Demikian penjelasan dari saya.., maaf bila ada yang kurang dalam memaparkan penjelasan dari seluruh proses yang ada. :">
Belum ada komentar