WTA : Standar keamanan bagi fotografer jurnalistik ( panggung )

Oleh:  Purwo Subagiyo, purwoshop (28373)    16 tahun yang lalu

  0 

ass...selamat sore..

sudah search topik terlebih dahulu..dan kayanya gak ada,,kalo nyerempet gak tau juga..mohon dimaafkan=) terima kasih sebelumnya untuk moderator..

tulisan ini saya buat berawal dari sebuah rasa kegelisahan saya terutama pribadi atas apa yang terjadi pada konser the titans dan ada band di bekasi tempo lalu. dalam insiden tersebut satu org penonton meninggal.

yang saya sangat prihatin, penonton tersebut meninggal karena tersengat listrik dari besi pembatas keamanan didepan panggung..selain karena faktor kerusuhan sebagai mulanya..dengan adanya informasi tersebut terus terang membuat saya khawatir karena 2 minggu sebelumnya saya meliput suasana konser di bogor dan sempat melihat keganjilan tsb..

dalam konser di bgr tersebut suasana hujan deras berakhir sebelum konser dimulai..saya melihat genangan air banyak membahasi peralatan konser dan bertanya pada teman saya bagaimana seandainya berpotensi membahayakan manusia ( tersengat ). temen saya bilang santai ajah;))

nah di saat konser berjalan..pembatas besi tersebut merupakan tempat fav saya buat bersandar..nyaman utk didudukin..selain bisa juga dijadikan buat mengambil sudut untuk penonton..alhamdulilahnya..sampai acara berakhir tidak terjadi insiden..nah kejadian kemaren di bekasi merupakan salah satu insiden yang wajib kita antisipasi dan dijadikan pegangan agar tidak terjadi kepada fotografer yang mencari duit didepan panggung;))

untuk memulai diskusi saya coba jabarkan kemungkinan yang bisa menjadi ancaman bagi kita semua :

1. lemparan botol air minum ( saya korbannya )
2. kena semprot aer ( rusak dong kamera, temen saya kena, alhamdulilah baik2 ajah )
3. kena gebuk aparat (mungkin2 ajah karena kita melanggar)
4. kemalingan ( hp, kamera, lensa )
5. tersengat listrik ( nah ini yang baru )

nah itu baru kemungkinan dugaan saya...saya pgn banget dapet saran dan masukan terutama dari temen2 yang lebih senior untuk berbagi cerita terutama buat menjalankan tugas yang beresiko ini, sapa tahu dengan sharing kita semua bisa sama2 belajar dan bisa berhati2..

ok sekian dulu yah..

salam
Purwo Subagiyo

Belum ada komentar