Konsep foto "A Couple"

Oleh:  Arie Ardyanto (14254)    17 tahun yang lalu

  0 

Saat pengambilan gambar sih tidak terbersit konsep apapun, apalagi yang berhubungan dengan tema setia. Sedang menunggu para pemain Indonesia Open Golf 2007 menuju Hole 1 untuk Tee-off, saya berkeliaran di driving range di sebelahnya, liat ada sederetan kursi untuk driving yang berjajar rapi, yah saya jepret aja.

Ketika upload, baru kepikiran konsep bahwa sepasang kursi ini cocok dengan tema setia. Yang pertama, setia karena setiap hari, sekian tahun, kursi ini teronggok tanpa keluhan melayani para pemukul bola golf yang lelah memukul ratusan bola ke arah danau untuk beristirahat di atasnya. Yang kedua, kepikiran aja untuk kasi judul A Couple, karena kebetulan kursi yang saya ambil cuma 2, dan biasanya kata pasangan itu berhubungan dengan setia bukan ? Itulah kira-kiran konsep yang baru terbersit saat saya mau upload.

Dari segi teknik fotografi, tentunya sangat sederhana. Dengan handlanded dan duduk di atas rumput bersih dan terawat, tanpa bantuan flash, saya set bahkan di automatic, karena panas terik jam 10 pagi, saya jepret tuh kursi dari belakang. Hasil dari set auto adalah f/4.5 dan 1/2000 untuk speed.

Selanjutnya adalah olahan digitalnya. Karena hanya ingin fokus pada kursi, terpaksa background pepohonan dibuang. Dan awan yang plain saya ganti dengan foto awan stok saya yang lebih dramatis. Stok awan diambil dengan kamera yang sama, f/13. 1/1000 dan iso 400. Setelah sandwich ke 2 gambar, kursi dan awan, tinggal merubah tone ke IR- an.

Sampai saat ini saya masih suka rumput yang bukan hijau. Olahan di PS dengan menaikan saturasi, lalu channel mixer dan selective colour. Setelah ketemu colurnya, lanjut ke level dan brightness and contrast.

Matang dan siap dihidangkan, sepasang kursi yang setia.

Saya kira segitu aja yang bisa saya sharing dari foto 'A Couple", please feel free for any question. I do appreciate any feedbacks, regard FNers !

Belum ada komentar