Penjelasan Konsep/Teknik Foto Gembala Setia (Nominator Lomba Foto Bulanan)

Oleh:  Agus Superiadi (57074)    17 tahun yang lalu

  0 

Untuk memenuhi persyaratan pemenang “Nominator” dalam Lomba Foto Bulanan FN untuk Foto dgn judul “Gembala Setia”, berikut penjelasan mengenai konsep/teknik foto dan cara oldig nya.

Tema Setia saya terapkan dalam rekaman aktifitas seorang Gembala yang dengan setia menunggui domba-domba nya makan rumput diantara persawahan, moment diambil secara natural di Ds. Popongan-Karanganyar, Jawa Tengah. Alat yg dipake hanya Kamera Canon EOS 350D dgn Lensa Tamron 18-200mm. Pengambilan BG langit biru dan hamparan sawah dipilih untuk menambah nilai dari foto ini terutama utk memperkaya tone. Angle sengaja diambil agak low utk menambah dimensi dgn memanfaatkan cahaya matahari menjelang sunset dari arah samping untuk memperkuat efek shadow & light. Foto diambil dalam format RAW dengan mode M (manual), diafragma di set di f/8 lalu shutter speed ditentukan dari average antara POI n BG langit, hasil jepret sekedar contoh: File1.RAW lalu diolah pake software Raw Shooter utk menyempurnakan exposure FG dan BG.
Step olahan dgn RAW Shooter sbb:
• Adjust color temperatur di sekitar 6200, Set “Appearance” di default “Sample”, Set Curve di default “High Contrast”, dan Set Color Vibrance di angkat 7 utk lbh menonjolkan tone ijo sawah.
• Naikkan exposure sedikit (utk FG+Sawah), lalu convert/save jadi File1a.TIF
• Lalu set exposure untuk BG Langit dgn menurunkan exposure shg kesan OE di awan berkurang, convert/save jadi File1b.TIF.
Lalu kedua file di-open di PS dgn step olahan sbb:
• Gabung kedua file tsb dgn Drag/Move shg terbentuk 2 layer. Lakukan proses Erase pada salah satu layer shg didapatkan FG+Sawah dari File1a.TIF dan BG langit dari File1b.TIF.
• Gabung kedua layer dgn Flatten Image.
• Duplicate/Copy layer background jadi Layer1. Atur Blending Mode Layer1 di Softlight, atur opacity sesuai selera. Kembalikan bagian yg jadi OE dgn Brush.
• Create Adjustment Layer dgn Gradient Map (Black-White), set blending mode di Multiply utk mendapatkan tone biru tua/gelap, atur opacity agar tidak terlalu gelap. Erase (dgn Brush tool) impact dari Gradient Map ini pada POI n sawah agar tidak ikut jadi gelap.
• Brush hitam di bagian langit kiri atas utk lbh menonjolkan POI.
• Adjust color dgn Selective color utk tone ijo, biru, kuning n merah.
• Flatten Image, lakukan adjustment Shadow/Highlight. Save file jadi File2.jpg

Ditahap terakhir saya pake Neat Image utk mengurangi noise di langit dan mengubah skin tone jadi lbh halus. Trus resize and framing di PS.
Sekian penjelasan nya semoga membantu.

Belum ada komentar