KONSEP FOTO ‘ CUCU NAN SETIA’

Oleh:  IB Putra Adnyana (83899)    17 tahun yang lalu

  0 

Sesuai dengan persyaratan untuk foto yangg memperoleh juara, harus menuliskan konsep dan proses pembuatan foto yang berjudul “ Cucu Nan Setia”.
. Menggunakan kamera Canon EOS 20 D, lensa 100 mm. Exposure time 1/160s dan f/5,6. Pemotretan pada sore hari kurang lebih pukul 16.00.(Wita)
Konsep ”Setia” – bisa diwujudkan dalam banyak hal dan memiliki makna yang luas. Seorang prajurit sejati yang setia kepada negara atau kaisarnya, siap mengorbakan nyawa di medan perang.
Dalam kehidupan kota besar, kesibukan anak-anak menyebabkan banyak dari mereka menitipkan ibunya yang tua di panti jompo agar dapat perawatan yg memadai. Padahal mungkin bukan cuma perawatan saja yang dibutuhkan, juga kehangatan sebuah keluarga. Dalam foto “ Cucu Nan Setia”, coba menggambarkan seorang nenek yang harus duduk di kursi roda tetap mensyukuri hidup, masih bisa berdoa dan merasakan getaran kasih sayang seorang cucu.
Teknik Pemotretan Karena dalam pemotretan cahaya matahari meredup, maka menggunakan 3 flash yang di-triger secara nirkabel (wireless). Sebuah flash dengan soft box ( 80 X 60 cm) diletakan di depan model dengan jarak kurang lebih 2,5 meter. Flash kedua menggunakan ‘stadard reflector + honeycomb + barn door ‘ diletakan di sudut kanan bawah model dengan jarak kurang lebih 1,5 meter, untuk memberi aksentuasi pada wajah dan jemari nenek dan cucu. Flash ketiga dipasang pada stand juga menggunakan ‘stadard reflector + honeycomb + barn door’ diletakan di belakang atas model sebagai backlight, jaraknya kurang lebih 2 meter.
Olah digital dengan PS.

  • 1. Karena detail pohon pada BG masih terasa kuat, dilakukan duplicate layer, Filter - Gaussian blur ( 4,5 pixel ) , masking untuk menghilangkan effek filter pada model.
  • 2. Untuk meningkatakan warna lakukan duplicate layer dan pada Image – Adjusment – Hue/saturation, pilih saturation plus 20 %. Lakukan masking - kembali pada Image - pilih Apply Image.
  • 3. Untuk mempertajam foto, duplicate layer , menggunkan Filter – Other - High Pass – Radius 6,9 pixel – Setelah itu ubah blending mode dari Normal menjadi Hard Light. Turunkan Oppacity menjadi 88 %. Kembali lakukan masking untuk menghilangkan effek filter pada asap dan BG.
  • 4. Duplicate Layer, kemudian gunakan Burn Tool untuk Burning di beberapa tempat, seperti di pojok kanan bawah dan sudut kiri atas untuk memberikan dimensi pada foto.

Moga keterangan ini bisa dimengerti dan berguna. Atas kritik dan sarannya, saya haturkan terima kasih.
Belum ada komentar