Penjelasan Nominee Foto Lomba Bulanan Tema "Segar" dengan Judul "Nyemplung"

Oleh:  Al Juniarsyam (116647)    17 tahun yang lalu

  0 

Dear FNers,

Sebelumnya mohon maaf atas keterlambatan penjelasan konsep fotonya karena saya sibuk dg pekerjaan saya dan harus menunggu proses verifikasi terlebih dahulu. Sebelumnya mengacu tema "segar" itu sendiri kenapa saya memasukkan foto ini kedalam tema segar karena ada beberapa alasan: segar dalam artian apa yang ditangkap oleh kamera merupakan segar secara visual yang direpresentasikan kepada manusia yang masuk air asumsi saya ini, dia (human POI)mengalami kesegaran pd saat masuk air, alasan lain ide-nya lebih bersifat segar karena unik menurut saya dan lain daripada yang lain walopun sudah banyak fotografer yang mengabadikan konsep foto sama seperti saya ini, dan alasan yg terakhir saya merasa segar pada saat mengabadikan foto ini walopun gak ikutan nyemplung (pagi hari, udaranya masih segar) hehehe (gak nyambung yah).

Disini saya ingin share informasi mengenai teknik pemotretan dan olah digital dari foto saya dg judul “Nyemplung” untuk memenuhi salah satu persyaratan lomba bulanan FN dengan tema segar. Konsep foto ini sebenarnya sederhana saja, tapi kebetulan ide yang saya dapat pada saat itu hanya ingin menampilkan foto dg satu frame tapi ingin menunjukkan motion POI human sedang nyemplung dari multiframes shots.

Proses pemotretan :

  • Set kamera ke manual setting dengan asumsi bahwa akan melakukan freezing foto, setting ini saya set ke shutter 1/640 dengan aperture F6.3, ISO 100
  • Set kamera ke mode multiframe shots, saya menggunakan high multiframe shots (5 frames/secs)
  • Posisikan kamera pada sudut bidik yang steady karena untuk menempatkan BG view pada komposisi yang tetap/sama, hanya POI humannya saja yang bergerak dg tujuan pada proses digital touching akhir overlying antar frames di satu frame yang sama.
  • Lebih baik menggunakan tripod atau monopod shg komposisi frame nya tetap pada satu sudut bidik yang sama tanpa ada pergerakan sama sekali dari kameranya (steady position) dg harapan tidak terjadi pergerakan di view BG-nya. Habis itu Jeprets deh.
Proses Olah Digital (sederhana – menggunakan photoshop CS):
  • Open masing-masing frames (4 frames). Foto pada jepretan pertama dijadikan Background frame, kemudian copy paste-kan 3 frames berikutnya ke frame background tsb. Sehingga ada 3 layer yang muncul di BG frame-nya
  • Atur masing-masing opacity layer (lihat gambar dibawah) ke dalam BG frame (Opacity range 50 % - 95 %) sehingga menampakkan view seluruh frame tanpa terutup layer-layer yang lainnya.
  • Untuk layer 1-2 saya menggunakan mode layer – darken, untuk layer ketiga saya menggunakan mode – multiply. Jujur saya ngga tahu dan mengerti tentang mode-mode ini, saya hanya mencoba satu-satu mode-mode yang ada dan mode darken dan multiply inilah yang terbaik menurut saya. Mungkin ada teman2 yang lebih jago layerings bisa memberikan saran yang lain.
  • Kemudian saya save as dalam JPEG file.Open JPEG di PS, proses berikutnya cropping secukupnya, naikkan brightness dan contrast buat nerangin frame dikit (kalibrasi monitor juga). Kemudian Unsharp Mask secukupnya. Untuk saturasi, tones, dan contrast saya push dikamera saya.
Begitu penjelasan konsep tentang foto dengan judul Nyemplung ini. Semoga informasi konsep ini bisa bermanfaat. Saran dan masukannya sangat saya hargai demi kesempurnaan olah digital konsep nyemplung dilain waktu. Oya, kamera yang saya gunakan Canon Digital 30D dengan lensa 17-40/F4 L.

Regards,
Al Juniarsam...
Belum ada komentar