Penjelasan nominee lomba foto bulanan bertema "Segar"dengan judul : Jesshhhhhh...

Oleh:  Indra Martino (24503)    17 tahun yang lalu

  0 

Mohon maaf sebelumnya terlambat memberikan penjelasan. Berikut ini saya coba utk menjelaskan...
Dalam interpretasi saya, foto dgn konsep water drop, still life, jelas bisa menampilkan kesan segar/fresh. Air yg jatuh di gelas...dgn imajinasi bunyi "splasshhh" atau "jesshhh"...dgn warna yg eye catching / kontras dgn background yg simple, bisa menciptakan kesan segar, imho.
Teknis foto :

- Pengambilan foto dalam rumah, menggunakan 1 lampu (plus softbox 80x120) sbg lighting dari arah belakang objek (back lighting). Background objek akan jadi putih krn efek lighting yg dicover dgn softbox yg juga putih.
- Karena saya motret sendiri, jadi pakai tripot & shutter releasenya di set dgn timer, sementara saya yg akan jatuhkan air ke dalam gelasnya. Disini saya rasakan sulitnya, mem-paskan timing shutter dgn timing menuangkan air, jadi mesti nyoba2 trus sampai dapat efek percikan air yg diinginkan. Tiap gagal mesti di lap lagi gelasnya, plus ngepel sekitaran meja/lantai, hehe.
- Percobaan pertama pakai gelas yg bentuknya lain dari yg di foto ini, sampai 6x tapi ternyata percikan airnya kurang tinggi/bagus keluar dari gelas. Lalu coba pakai gelas model yg di foto ini sampai 7x dan bisa dapat percikan air yg di inginkan.
- Komposisi diambil vertikal dgn bagian atas lebih byk utk percikan air.
- Penempatan gelas sedikit miring dgn pertimbangan komposisi yg lebih dinamis, imho.
- Pemilihan diafragma kecil f16 utk meluaskan ruang tajam, sepanjang masih dapat speed yg tinggi (1/500 dtk).
- Cropping foto lebih lanjut di PS 7, adjust tone lewat menu color balance sampai dapat tone yg sesuai (spt pada foto), dan penambahan kontras lewat menu brightness/contrast.

Demikian penjelasan saya, kalau sekiranya kurang lengkap mohon masukannya.

Salam kompak, Indra M.

Belum ada komentar