membuang cairan kimia dari darkroom

Oleh: FX Satriyo Dwi Nugroho (3010)    18 tahun yang lalu

  0 

saya pengin tahu dari temen-temen bagaimana cara membuang sisa chemicals dari darkroom. apa langsung dibuang ke drainase atau ada treatment khusus sebelum dibuang?
soalnya kalau ngikuti saran di ilfordphoto.com tentang aturan helath&safety kayaknya masih sulit diterapkan di indonesia.

Re: membuang cairan kimia dari darkroom

Oleh:  Yadi Yasin (116383)    18 tahun yang lalu

 0 

Sebetulnya semua waste yg dibuang ke drainage seharusnya diproses (treatment) dahulu agar tidak membahayakan diri sendiri dan lingkungan.

Kantor saya yg punya lab pemroses microfiche/microfilm melakukan hal tsb. Walaupun disini hukumnya (baca: enforced by law) masih lemah.

Kenapa tidak memulai dari diri sendiri?

Re: membuang cairan kimia dari darkroom

Oleh:  A. Raditya Pratistha D,Ndoro Tuan (44548)    18 tahun yang lalu

 0 

salut buat mas F.Nugroho yg masih peduli linkungan, dulu...pas saya msh mahasiswa ada mata kuliah darkroom jg, krn sebagian dr mahasiswa jg anak2 MaPaLa, maka kami mencoba membuat drainase sederhana.
memakakai ember yg dilubagi kecil2 lalu lapisan plg bawah diberi ijuk, lalu kerikil kecil, lalu pasir ijuk lagi, lalu kerikil lag,i lalu pasitr dan paling atas kerikil besaarr, kemudian ember tadi dimasukan ke tanah galian.

Nggak tau bawa pengaruh besar pa enggak, yg jelas kami mencoba bersahabat dgn alam.

Re: membuang cairan kimia dari darkroom

Oleh:  Haryanto R (6495)    17 tahun yang lalu

 0 

ketiga campuran stopbath developer dan fixer di campur jadi satu pada akhir session cetak atau cuci lumayan buat netralin kimia2 nya, abis itu buang dg camuran air sebanyak2 nya dari cuci film dan kertas

Lex caramu kae emang bisa jernihin tapi ga ngilangin atau netralin kimianya